Peringati HUT ke-73, Dandim 1414 Tana Toraja Jadi Irup

Usai upacara, dilakukan demontrasi yog moodo oleh personel kodim dan pemberian tali asih kepada perwakilan veteran dan warakauri.

Peringati HUT ke-73, Dandim 1414 Tana Toraja Jadi Irup
TRIBUN TIMUR/RISNAWATI M
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73, Jumat (5/10/2018). Salah satunya di Toraja, yang dipusatkan di Lapangan Markas Kodim 1414 Tana Toraja, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Seluruh Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73, Jumat (5/10/2018).

Salah satunya di Toraja, yang dipusatkan di Lapangan Markas Kodim 1414 Tana Toraja, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dengan tema "Profesionalisme TNI Untuk Rakyat" yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) yakni Dandim 1414 Letkol Czi Hiras M S Turnip, Paup Kapten Inf Agustinus Ruruk dan Danup Kapten Czi Yohanis Palallo.

Upacara peringatan HUT ke 73 TNI dihadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, FKPPI serta siswa-siswi SMA Kristen Rantepao.

Dalam membacakan amanat Panglima TNI, Dandim Letkol Czi Hiras M S Turnip mengajak tamu undangan untuk sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar meringankan beban yang menimpa saudara kita di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Mautong.

"Juga demikian pula beban yang masih di derita saudara kita di Lombok, semoga pula apa yang telah kita lakukan bersama, baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa dapat meringankan musibah dan mempercepat upaya pemulihan," ucapnya.

Lanjutnya, TNI bersama-sama sebagai komponen bangsa lainnya telah bekerja bahu membahu dan berupaya sekuat tenaga meringankan beban yang di derita saudara yang terkena bencana.

Dikatakannya, profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan serta latihan dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.

"Tugas lain yang tidak kalah penting, yaitu membantu pemerintah mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut, pengamanan wilayah udara, serta terlibat dalam pengamanan event strategis nasional dan internasional seperti pengamanan Asian Games, Asian Para Games dan pengamanan sidang tahunan IMF-World Bank di Bali," tambahnya.

TNI juga akan berkomitmen untuk terus menjaga netralitas dalam Pemilu 2019 dan yang menjadi salahsatu kunci adalah tekad TNI untuk terus penjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI.

Usai upacara, dilakukan demontrasi yog moodo oleh personel Kodim 1414 dan pemberian tali asih kepada perwakilan veteran dan warakauri.

Kemudian dilanjutkan olahraga bersama serta pembagian doorprise dan final turnamen bola voli yang diikuti secara umum di Lapangan Kodim 1414, Sabtu (6/10/2018) besok.

Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help