Ratusan Sosiolog Se-Indonesia Bakal Kumpul di Makassar

Rencana dihadiri Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Ignas Kleden, Prof Dr der Soz Gumilar Rusliwa Sumantri dan Prof Dr Tahir Kasnawi.

Ratusan Sosiolog Se-Indonesia Bakal Kumpul di Makassar
Pengurus Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI) saat berkunjung di Kantor Tribun Timur, Makassar, Rabu (3/10/2018) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak 300-an pengurus dan anggota Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI) dari berbagai provinsi di Indonesia bakal kumpul di Kota Makassar.

Kehadiran mereka dalam rangka mengikuti seminar nasional dan kongres ISI. Rencana berlangsung 24-28 Oktober 2018.

Kegiatan ini akan diawali dengan seminar nasional di Aula Prof Ahmad Amiruddin Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), 25 Oktober 2018.

Rencana menghadirkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, sosiolog Ignas Kleden, Prof Dr der Soz Gumilar Rusliwa Sumantri dan Prof Dr Tahir Kasnawi sebagai pembicara.

Sekjen ISI Pusat Dr Arie Sujito menyampaikan rencana itu saat bersama pengurus ISI Sulsel berkunjung di Kantor Tribun Timur, Makassar, Rabu (3/10/2018) malam.

“Pada seminar nasional ini, tema utama yang dibahas adalah 20 Tahun Perjalanan Reformasi Indonesia (1998 – 2018) Dalam Perspektif Sosiologi,” jelas Arie yang juga Ketua Departemen Sosiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Baca: Gempa Susulan Landa Sulsel, ini Penjelasan Peneliti Gempa dan Tsunami Unhas

Baca: Ini Vonis Pengadilan untuk Pasangan Pembunuh Bayi di Luwu Timur

Menurut Arie, sosiolog tak semua bekerja dalam bidang akademisi.

Tapi ada juga yang berkiprah di bidang lain seperti peneliti, pekerja sosial, organisasi masyarakat sipil, birokrat, jurnalis dan beragam profesi lain.

Pengurus ISI Sulsel yang ikut menemani Arie yakni Ikbal Latif (Ketua ISI Sulsel), Firdaus WS (panitia), Sultan, M Yahya Mustafa dan Adi Wumandiyar.

Seminar akan berlangsung selama sehari. Pada malam hari akan digelar jamuan makam malam bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Rujab Gubernur Sulsel.

Sehari usai seminar, akan digelar puncak acara yakni Kongres ISI.

Berlangsung di Hotel Four Point by Sheraton, Jl Andi Djemma, Kota Makassar.

Kongres ini mengangkat tema: Peran Srategis Sosiolog Dalam Memperkuat Ketahanan dan Daya Saing Masyarakat Menuju Indonesia 2045.

Salah satu agenda utama kongres ini adalah memilih Ketua dan Sekjen ISI untuk periode 2018-2021.

Saat ini Ketua Umum ISI dijabat Prof Dr Dwia Aristina P yang juga Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas). 

Belajar Toraja
Usai Kongres ISI, para sosiolog se-Indonesia diagendakan berkunjung ke Kabupaten Toraja Utara, Jumat (26/10/2018) malam. Di sana mereka akan melihat Lolai, negeri di atas awan.

Juga akan melihat Kete Kesu, Londa dan beberapa lokasi yang kerap dikunjungi wisatawan di Torut.

“Kunjungan ini sekaligus hendak mempelajari dan merasakan langsung budaya masyarakat Toraja yang sebagian besar masih mempertahankan adat istiadat leluhur mereka,” jelas Ikbal Latif, Ketua ISI Sulsel yang juga dosen Sosiologi Unhas. (*)

Penulis: Jumadi Mappanganro
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved