Dolar Menguat, Harga Mobil Ikut Naik

Nilai tukar yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) membuat Agen Pemegang Merek (APM) dan dealer menaikkan harga jual.

Dolar Menguat, Harga Mobil Ikut Naik
FADLY
New Yaris Branding Liverpool Mejeng di Kalla Toyota SALE 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Nilai tukar yang melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) membuat Agen Pemegang Merek (APM) dan dealer menaikkan harga jual.

Hal ini mengingat nilai tukar tersebut berpengaruh ke membengkaknya biaya.

Manager Markting Kalla Toyota, Aswan Amiruddin yang dihubungi Rabu (3/10/2018) menuturkan, per oktober ini empat model Toyota mengalami kenaikan yaitu Voxy, Rush, Agya, dan Calya.

Untuk model Multi Purpose Vehicle (MPV) Voxy di Sulsel mengalami kenaikan harga Rp 4 juta, model Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Rush Rp 3 juta, serta model Low Cost Green Car(LCGC) Calya dan Toyota Agya naik Rp 2 juta.

"Kenaikan ini hampir sama dengan TAM (Toyota Astra Motor). Kami lakukan setelah melakukan evaluasi biaya dengan seksama dan disertai dengan keinginan kami untuk tetap memberikan harga terbaik kepada pelanggan Toyota di Indonesia dan area kami," kata Aswan sapaannya.

Menurutnya dalam menentukan harga, banyak faktor yang mempengaruhi. Baik dari faktor internal maupun eksternal. Penyesuaian harga ini didasari oleh penyesuaian faktor cost yang memang sudah di review dan disiapkan jauh-jauh hari dengan mempertimbangkan beberapa faktor. Misalnya saja nilai tukar, beban produksi, dan lainnya.

"Kenaikan yang kami lakukan ini tentu tetap mengedepankan customer sebagai pertimbangan utama. Jadi kenaikan ini bukan serta merta terjadi, tapi memang sudah dipertimbangkan secara matang," paparnya.

Sementara, Kepala Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Cabang Makassar, Dodik Priambodo menjelaskan Daihatsu juga menaikan harga jual per oktober ini.

Namun bukan karena faktor nilai tukar saja melainkan implementasi Euro 4. "Ada model Terios, Xenia, Sigra, Ayla, Sirion, Gran Max Luxio dan Himax, semua naiklah," katanya via pesan WhatsApp, Rabu (3/10/2018).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved