Waspadai Ketinggian Gelombang Selat Makassar hingga 2 Oktober 2018

Kapal feri beresiko jika ketinggian gelombang capai di atas 2,5 meter dan kecepatan angin 21 knot serta kapal kargo pada kecepatan angin 27 knot

Waspadai Ketinggian Gelombang Selat Makassar hingga 2 Oktober 2018
TRIBUN TIMUR/SAMSUL BAHRI
Kapal feri KM Bontoharu sementara menjalani perbaikan. 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM, - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat khususnya yang bermukim di sepanjang pesisir pantai Pulau Sulawesi maupun daerah lainnya di Indonesia.

BMKG menyebut cuaca saat ini bisa menimbulkan ketinggian gelombang permukaan laut mencapai empat meter.

Peringatan dini itu dikeluarkan BMKG dengan nomor ME.301/PD/29/APM/IX?BMKG - 2018 yang memprediksi gelombang lautan setinggi empat meter itu diprediksi bisa terjadi pada rentang waktu 29 September sampai 2 Oktober 2018 mendatang.

Berdasarkan rilis BMKG pusat menyatakan ketinggian gelombang laut ini berpeluang terjadi di sejumlah perairan dan selat daerah di Indonesia, tak terkecuali Selat Makassar dan perairan Barat Sulsel.

Untuk selat Makassar, ketinggian gelombang mencapai 1,25 sampai 2,5 meter sedangkan ketinggian sampai empat meter berpotensi terjadi di daerah luar Sulsel, seperti Perairan Banda Aceh, Selat Bali, dan beberapa daerah lainya.

"BMKG telah mengeluarkan peringatan dini soal gelombang permukaan laut akibat kecepatan angin, tapi saya sampaikan ini bukan karena lempeng tektonik maupun vulkanik," ujar petugas BMKG, Siswanto.

Olehnya, diharapkan khususnya bagi pengguna jasa laut tetap berhati hati dan memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan dalam berlayar.

Seperti perahu nelayan beresiko jika kecepatan angin mencapai lebih dari 15 knot dasn tinggi gelombang 1,25 meter.

Kapal Tongkang berbahaya pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal feri beresiko jika ketinggian gelombang capai di atas 2,5 meter dan kecepatan angin 21 knot serta kapal kargo pada kecepatan angin 27 knot dengan ketinggian gelombang sekitar 4,0 meter.(*)

Editor: Ridwan Putra
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help