Mantan Dirut PDAM Jeneponto Ditetapkan Tersangka, Ini Kasusnya

Meski demikian, pihaknya mengaku belum melakukan penahanan terhadap Amri Mahadi Kulle, lantaran dianggap belum perlu.

Mantan Dirut PDAM Jeneponto Ditetapkan Tersangka, Ini Kasusnya
muslimin emba/tribunjeneponto.com
Direktur PDAM Jeneponto, Amri Mahadi Kulle 

TRIBUNJENEPONTO.COM, BINAMU - Eks Direktur PDAM Jeneponto, Amri Mahadi Kulle, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan dana oeprasional PDAM Jeneponto.

Penetepan tersangka Amri Mahadi Kulle diungkapkan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jeneponto, Muh Nasran, saat dikonfirmasi TribunJeneponto.com, Senin (24/9/2018).

"Penetapan yang bersangkutan (Amri Mahadi Kulle) dilakukan sekitar dua tiga minggu yang lalu," ujar Muh Nasran.

Menurutnya, Muh Nasran ditetapkan tersangka setelah ditemukan adanya kerugian negara akibat penyalahgunaan dana operasional sebanyak Rp 946.475.725 tahun 2014-2016.

"Dari hasil pemeriksaan, ditemukan kerugian negara sebanyak kurang lebih Rp 900 jutaan lebih, untuk dana operasional PDAM Jeneponto tahun 2014-2016," ujar Muh Nasran.

Meski demikian, pihaknya mengaku belum melakukan penahanan terhadap Amri Mahadi Kulle, lantaran dianggap belum perlu.

"Belum juga dilakukan penahanan, ini kita akan eksposekan dulu atau diskusikan dulu untuk melakukan penahanan," tuturnya.

Saksi yang dihadirkan dalam pengungkapan dan penetapan Amri Mahadi Kulle, masing-masing dari pegawai atau staf PDAM dan BPKP sebagai saksi ahli dalam kasus itu.

"Kita masih terus melakukan pengembangan terkait kasus ini, kemungkinan adanya tersangka baru bisa saja ada dan juga bisa saja tidak ada," jelasnya.

Dalam kasus itu, Amri Mahadi Kulle dijerat Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman minimal lima tahun penjara.

Saat Amri Mahadi Kulle menjabat sebagai direktur PDAM, konsumen perusahan daerah itu sempat resah lantaran krisis air bersih yang terjadi selama dua pekan lebih.

Krisis air bersih terjadi lantaran rusaknya mesin pompa air PDAM Jeneponto.

Akibat keresahan itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar pun mengambil tindakan tegas dengan melakukan pencopotan Amri Mahadi Kulle sebagai direktur PDAM Jeneponto.

Baca: Bupati Copot Direktur PDAM Jeneponto, Ini Masalahnya

Baca juga: [https://www.google.co.id/amp/ makassar.tribunnews.com/amp/ 2017/11/11/bupati-copot- direktur-pdam-jeneponto-ini- masalahnya]

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help