Ketua PSMTI; Makassar Laik Jadi Tuan Rumah Konferensi XI Marga Tionghoa ASEAN+China 2021

"Tahun 2016 di Batam, tahun ini di Manila, Tahun 2020 di Penang, Malaysia, Makassar tahun 2021,"

Ketua PSMTI; Makassar Laik Jadi Tuan Rumah Konferensi XI Marga Tionghoa ASEAN+China 2021 - ketua-umum-dpp-psmti-david-herman-jaya_20180923_195842.jpg
dok_PSMTI_Sulsel
Ketua Umum DPP PSMTI David Herman Jaya (tengah) dan Ketua DPD PSMTI Sulsel Willianto Tanta dan delegasi PSMTI Sulselbar di sela-sela Konferensi Asosiasi Marga dan Klan Tionghoa ASEAN (ACCA) Plus China, ke-9 di Grand Hyatt, Taguig City, Manila, Philipina, Sabtu (22/9/2019).
Ketua PSMTI; Makassar Laik Jadi Tuan Rumah Konferensi XI Marga Tionghoa ASEAN+China 2021 - david_herman_jaya_willianto_iming_wijaya_20180923_201025.jpg
dok_PSMTI_sulselbar
Ketua Umum DPP PSMTI David Herman Jaya (tengah) berfoses dengan Ketua DPD PSMTI Sulsel Willianto Tanta dan Ketua DPD PSMTI Sulbar Iming Wijaya (kiri) dan delegasi PSMTI Sulselbar di sela-sela acara Konferensi Klan Tionghoa ASEAN+China di Grand Hyatt, Manila, Philipina, Minggu (23/9/2018).
Ketua PSMTI; Makassar Laik Jadi Tuan Rumah Konferensi XI Marga Tionghoa ASEAN+China 2021 - delegasi_psmti_sulselbar_di_konferensi_klan_tionghoa_asean_di_manila_20180923_202144.jpg
dok_PSMTI_sulselbar
DELEGASI TERBANYAK - Ketua Umum DPP PSMTI David Herman Jaya (tengah) berfoses dengan para delegasi PSMTI Sulselbar di sela-sela acara Konferensi Klan Tionghoa ASEAN+China di Grand Hyatt, Manila, Philipina, Minggu (23/9/2018). Delegasi Sulselbar terbanyak dari PSMTI Kota Pare-pare, ketua PSMTI kab.Wajo, Ketua PSMTI kab.Bulukumba, Ketua PSMTI Mamuju, Ketua PSMTI Mamuju Utara , ketua PSMTI Mamuju Tengah

MAKASSAR, TRIBUN -- Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Indonesia David Herman Jaya menyebut Makassar, laik menjadi tuan rumah (venue city) Konferensi XI marga dan klan Tionghoa Asia Tenggara ASEAN China Clans Assosiation (ACCA) tahun 2021 mendatang.

"Dengan pertumbuhan ekonomi yangdiatas rata-rata provinsi dan kota lain, infrastruktur, dan identitas budaya dan pariwisatanya khas, Makassar sudah diusulkan dan disebut laik," kata David kepada Tribun melalui sambungan telepon internasional dari Manila, Philipina, Minggu (23/9/2018) malam.

Ketua Umum DPP PSMTI David Herman Jaya (tengah) berfoses dengan Ketua DPD PSMTI Sulsel Willianto Tanta dan  Ketua DPD PSMTI Sulbar Iming Wijaya (kiri) dan delegasi PSMTI Sulselbar di sela-sela acara Konferensi Klan Tionghoa ASEAN+China di Grand Hyatt, Manila, Philipina, Minggu (23/9/2018).
Ketua Umum DPP PSMTI David Herman Jaya (tengah) berfoses dengan Ketua DPD PSMTI Sulsel Willianto Tanta dan Ketua DPD PSMTI Sulbar Iming Wijaya (kiri) dan delegasi PSMTI Sulselbar di sela-sela acara Konferensi Klan Tionghoa ASEAN+China di Grand Hyatt, Manila, Philipina, Minggu (23/9/2018). (dok_PSMTI_Sulsel)

Baca: 2021, Makassar Tuan Rumah Konvensi Marga Tionghoa ASEAN +China

David yang juga pemilik kelompok usaha Karoseri New Armada ini, menyebutkan, konferensi yang diikuti sekitar 1.200 delegasi dari 10 negara ASEAN plus China ini, adalah momen tahunan yang diperebutkan banyak negara dan kota-kota dagang.

"Tahun 2016 di Batam, tahun ini di Manila, Tahun 2020 di Penang, Malaysia, Makassar tahun 2021, " ujar David yang dikonfirmasi menggunakan ponsel Ketua DPD PSMTI Sulsel Willianto Tanta.

Menurutnya, selain Makassar, delegasi PSMTI Palembang, Sumatera Selatan, juga mengincar jadi venue pertemuan yang membicarakan prospek investasi, dagang, industri wisata global dan budaya Tionghoa ini.

Baca: Kenang Perintis Mal Underground Pertama di Makassar Hasan Basri Berterima Kasih ke PSMTI Sulsel

"Tapi lobi Pak Willianto lebih gesit, apalagi dia punya hotel di sana, jaringan di Indonesia timur baguslah, dan keinginannya Makassar didatangi banyak investor sangat besar," ujar David yang juga Ketua Walubi Jawa Tengah ini.

Untuk melihat kesiapan Makassar, tim pengurus DPP PSMTI di Jakarta, dalam waktu dekat akan datang memantau persiapan Makassar jadi venue konferensi ini.

DPP PSMTI di Jakarta akan jadi sterring committee, panitia pengarah.

"Penyelenggara teknis, OC-nya, tanggal dan tempatnya diserahkan semua ke PSMTI Sulselbar, kita perkirakan penyelenggaraannya itu sekitar September, bulan 9 itu bagus," ujar David.

MARGA TIONGHOA - Delegasi PSMTI Sulsel berpose dengan panitia Konferensi Marga dan Klan Tionghoa se-ASEAN + China di Grand Hyatt, Taguig City, Manila, Filipina, Sabtu (22/9/2018). PSMTI Sulsel dan Sulbar terbanyak mengirim delegasi di acara tahunan ini
MARGA TIONGHOA - Delegasi PSMTI Sulsel berpose dengan panitia Konferensi Marga dan Klan Tionghoa se-ASEAN + China di Grand Hyatt, Taguig City, Manila, Filipina, Sabtu (22/9/2018). PSMTI Sulsel dan Sulbar terbanyak mengirim delegasi di acara tahunan ini (dok_PSMTI_Sulsel)

Menurutnya, event konferensi ini selalu tiga atau empat hari di akhir pekan.
Agendanya di hari pertama biasanya adalah jamuan makan malam resmi, penyambutan oleh pemerintah, lalu meeting satu hari, dan di hari terakhir lobi bisnis, dan wisata ke destinasi.

"Bisa dari Makassar, Wajo lalu ke Toraja. Bayangkan kalau 1200 tamu-tamu ini habiskan saja 300 USD dolar untuk wisata, ini belum termasuk hotel, dan transportasi," ujarnya.

Penunjukan Makassar jadi venue konferensi diusuljan di Konferensi ACCA di Grand Hyatt, Taguig City, Manila, Philipina, Sabtu (22/9/2018) lalu.

Persetujuan penunjukan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini disepakati sekitar 800 peserta wakil delegasi dari 9 negara termasuk utusan Republik Rakyat China.

delegasi_PSMTI_Sulselbar_di_Konferensi_Klan_Tionghoa_ASEAN_di_Manila
DELEGASI TERBANYAK - Ketua Umum DPP PSMTI David Herman Jaya (tengah) berfoses dengan para delegasi PSMTI Sulselbar di sela-sela acara Konferensi Klan Tionghoa ASEAN+China di Grand Hyatt, Manila, Philipina, Minggu (23/9/2018). Delegasi Sulselbar terbanyak dari PSMTI Kota Pare-pare, ketua PSMTI kab.Wajo, Ketua PSMTI kab.Bulukumba, Ketua PSMTI Mamuju, Ketua PSMTI Mamuju Utara , ketua PSMTI Mamuju Tengah

Kabar penunjukan ini dikonfirmasikan dua pengurus kepada Tribun; Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Indonesia, Johnny Situwanda (Wakil Ketua Umum Departemen Organisasi) dan Aswen Utomo (Ketua Departemen Luar Negeri), melalui Ketua DPD PSMTI Sulsel Willianto Tanta, kemarin malam.

"Ini kepercayaan penting, setelah konferensi ke-8 di Batam, Makassar dipercaya jadi tuamg rumah," kata Willianto Tanta, yang juga fungsionaris ACCA Chapter Indonesia Timur.

Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Thamzil Thahir
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved