Data Dinas PU Barru, 16 Ruas Jalan Rusak Akibat Proyek Rel Kereta Api

selain kerusakan, dampak proyek RKA juga menimbulkan kerusakan pada irigasi yang tersebar di seluruh kecamatan di Barru.

Data Dinas PU Barru, 16 Ruas Jalan Rusak Akibat Proyek Rel Kereta Api
Akbar
Kepala Dinas PU Barru, Herman Jaya 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU. COM, BARRU - Pembangunan Rel Kereta Api (RKA) di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, berdampak pada kerusakan infrastruktur jalan.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Barru, kerusakan jalan yang ada di Barru akibat pembangunan RKA yakni sepanjang 11 Kilometer.

"Data sementara kami dari hasil tinjauan di lapangan, ada 16 titik ruas jalan di Barru yang rusak karena dampak proyek RKA, panjang jalan yang rusak secara keseluruhan itu sekitar 11 Kilometer," kata Kepala Dinas PU Barru, Herman Jaya kepada TribunBarru.com, saat ditemui di kantor Pemda Barru, Senin (16/9/2018).

Herman merincikan, ruas jalan yang rusak terdapat empat titik di Kecamatan Barru, tiga ruas di Balusu, tiga ruas di Soppeng Riaja, dan enam ruas di Mallusetasi.

Dia menambahkan, selain kerusakan, dampak proyek RKA juga menimbulkan kerusakan pada irigasi yang tersebar di seluruh kecamatan di Barru.

"Permasalahan ini sudah kami sampaikan ke pihak Satker RKA, dia berjanji akan melakukan perbaikan di titik ruas jalan yang rusak tersebut," katanya.

Herman memperkirakan, anggaran untuk perbaikan seluruh ruas jalan, termasuk irigasi yang rusak tersebut mencapai sekitar Rp 20 miliar.

"Kalau saya taksir, totalnya untuk membiayai semua kerusakan infrastruktur itu minimal Rp 20 M. Tapi kita serahkan saja ke pihak Satker karena dialah yang bertanggung jawab soal itu," tuturnya.

Penulis: Akbar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved