Dosen Harus Mampu Beradaptasi dengan Karakteristik Peserta Didik

Selain harus mampu memilih metode pembelajaran yang tepat, di era SCL ini dosen juga harus melek teknologi.

Dosen Harus Mampu Beradaptasi dengan Karakteristik Peserta Didik
handover
Dosen STMIK Handayani, Dr Eng Hazriani

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Era Student Centered Learning (SCL), yakni era paradigma pembelajaran yang menekankan pada kemapuan peserta didik belajar melaui proses menemukan dan mengkonstruksi pengetahuan.

Demikian diungkapkan dosen STMIK Handayani, Dr Eng Hazriani kepada media, Minggu (16/9/2018).

Selain itu juga dengan mengeksplorasi berbagai sumber belajar baik secara individu maupun berkelompok, memberikan tantangan tersendiri bagi para dosen.

Dikatakan, selain harus mampu memilih dan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang tepat, di era SCL ini dosen juga harus melek teknologi (Technology Literacy).

"Khususnya berkaitan dengan teknologi pembelajaran, misalnya penggunaan teknologi multimedia pembelajaran, penelusuran literatur dan berbagai sumber belajar melalui internet, penggunaan media pembelajaran daring, dan sebagainya," tutur alumnus Program Doktor of Advanced Information Technology, Kyushu University Jepang ini dalam rilis yang diterima tribun-timur.com.

Sebagai dosen harus mampu beradaptasi dengan karakteristik perserta didik saat ini yang merupakan generasi milenial, yakni generasi yang sangat mahir dengan teknologi, namun cenderung ingin bebas dan hedonis.

"Sehingga dosen dapat berkontribusi secara maksimal sesuai bidang masing-masing, membimbing mahasiswa agar memiliki kualifikasi yang sesui dengan standar KKNI," kata dosen yang dipekerjakan LLDIKTI IX di STMIK Handayani ini.(*)

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved