Bupati Gowa Bicara Masalah Kebutaan di Kick Andy

HKI merupakan lembaga internasional non-pemerintah yang bertujuan untuk menyelamatkan penglihatan dan kehidupan pada kelompok masyarakat yang rentan.

Bupati Gowa Bicara Masalah Kebutaan di Kick Andy
HANDOVER
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mendapat kesempatan tampil sebagai narasumber di program talkshow Kick Andy di salah satu tv swasta nasional dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day 2018, Kamis (13/9) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM,SUNGGUMINASA- Konsistensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa memberantas gangguan penglihatan di Gowa diapresiasi oleh Helen Keller International (HKI).

HKI merupakan lembaga internasional non-pemerintah yang bertujuan untuk menyelamatkan penglihatan dan kehidupan pada kelompok masyarakat yang rentan.

Atas apresiasi ini, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mendapat kesempatan tampil sebagai narasumber di program talkshow Kick Andy di salah satu tv swasta nasional dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day 2018, Kamis (13/9) malam.

Adnan dihadapan Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek dan Ketua Komite Mata Nasional (Komatnas) Andy Flores Noya menjelaskan, Pemkab Gowa memiliki program pencegahan dan pengendalian gangguan penglihatan.

"Yang dilakukan Pemkab Gowa adalah peningkatan kapasitas petugas kesehatan, seperti dokter, perawat, bidan dan melibatkan peran serta aktif lintas sektor," katanya dalam rilis kepada Tribungowa.com, Jumat (14/9/2018).

Peningkatan kapasitas dilakukan pada tenaga pengajar di sekolah, dari tingkat SD,SMP hingga SMA melalui pelatihan guru UKS.

Dari 28 sekolah pada tahun 2017 dikembangkan terus menjadi 110 sekolah pada tahun 2018.

Penambahan dokter ahli mata di RSUD Syech Yusuf dan meningkatkan upaya-upaya preventif dan promotif melalui upaya sosialisasi dan deteksi dini sejak bayi baru lahir sampai lansia.

Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek sangat mengapresiasi Bupati Gowa beserta jajarannya yang telah melakukan upaya pemberantasan gangguan penglihatan di wilayahnya.

Halaman
12
Penulis: Waode Nurmin
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved