Polda Sulsel Selidiki Oknum Dinas PMD Takalar "Minta Uang" ke Kepala Desa

Dugaan pemaksaan itu terkait dengan adanya oknum Dinas PMD Takalar yang memaksa kepala Desa memasukkan program pada penggunaan dana Desa.

Polda Sulsel Selidiki Oknum Dinas PMD Takalar
Alfian/Tribun
Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Pol Umar Septono, melaksanakan pengecekan terhadap anggotanya, Kamis (6/9/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul Amri Lobubun

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Pihak Polda Sulsel sementara menyelidiki oknum di Dinas PMD Kabupaten Takalar, yang diduga memaksa Kepala Desa.

Dugaan pemaksaan itu terkait dengan adanya oknum Dinas PMD Takalar yang memaksa kepala Desa memasukkan program pada penggunaan dana Desa.

"Kami terima laporan LSM terkait dinas pembangunan masyarakat desa (PMD)," kata Kapolda Sulsel Irjen Umar Septono kepada Tribun, Rabu (12/9/2018).

Pasalnya, dalam pekan ini, sejumlah pejabat Desa dan pejabat Takalar secara maraton dimintai keterangan di gedung penyidik III Tipikor Ditreskrimsus Polda.

Sesuai laporan dari Direskrimsus Polda, Kombes Yudhiawan Wibisono kepada Kapolda. Penyelidikan soal oknum PMD, Polda akan koordinasi dengan pelapor.

Kata Kapolda Umar Septono, laporan tersebut diduga karena oknum PMD di Takalar memaksa agar kepala Desa bisa masukan program penggunaan dan.

"Oknum PMD ini diduga memaksa ada kepala desa, jika tidak mau maka dana desa tidak dicairkan. Jadi kami langsung berkoordinasi dengan pelapor," ujarnya.

Terpisah Kombes Yudhiawan mengaku, soal pemanggilan kepala Desa Takalar hanya sebatas saksi terkait keterangan sebagai saksi dalam pelaporan kasus.

"Bukan kepala desa yang korupsi tapi oknum dinasnya, saat ini kita lagi lidik, dan kita akan koordinasi ke pihak APIP sebagai pelapornya," kata Yudhiawan.

Seperti diketahui, tim Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) melaporkan oknum Dinas PMD Takalar ke tim Polda Sulsel dalam dugaan korupsi. (*)

Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help