KPU Toraja Utara Rapat Koordinasi Bahas DPT Ganda

Ketua KPU Toraja Utara Bonnie Freedom mengatakan, rapat dilaksanakan untuk menindaklanjuti rakor sebelumnya terkait penemuan

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara menggelar rapat koordinasi bersama Bawaslu serta 12 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, di Kantor KPU Jl Pongtiku No 31, Kecamatan Rantepao, Rabu (12/9/2018).

Rapat tingkat Kabupaten Toraja Utara dibahas terkait hasil pencermatan dan verifikasi faktual bersama terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua Toraja Utara'>KPU Toraja Utara Bonnie Freedom mengatakan, rapat dilaksanakan untuk menindaklanjuti rakor sebelumnya terkait penemuan DPT ganda.

"Ada temuan DPT ganda dari pihak Bawaslu yakni 118 pemilih dan penelusuran internal kami ada 359 pemilih," ucap Bonnie.

Lanjutnya, selain data ganda, pihak Bawaslu Toraja Utara juga menyampaikan 20 DPT yang diduga Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yakni satu pindah domisili ke Papua dan 19 pemilih keterangan meninggal dunia.

Kemudian, pada tanggal 10-11 September 2018 pihak KPU dan Bawaslu Toraja Utara melakukan verifikasi faktual berdasarkan pencermatan bersama dan diberikan kepada parpol untuk dicermati.

"Untuk hari ini berlangsung Rakor kedua terkait pembahasan atas hasil pencermatan verifikasi faktual yang dilakukan di lapangan kemarin," tambahnya.

Dikatakan Bonnie bahwa, berdasarkan temuan dari KPU sebanyak 359 DPT sudah termasuk 118 DPT dari temuan Bawaslu.

"Setelah Rakor, PPK mencocokan datanya dan malam ini akan dilakukan rapat pleno penetuan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTPHP) untuk diserahkan ke KPU Provinsi Sulsel," tutup Bonnie.

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help