Aktivis Pertanian Umma dan Irfan AB Bantu Petani Tanam Padi di Bantimurung

Penanaman IP300 tersebut dikerjasamakan dengan Kelompok Tani Sipatokkong dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mujur Kembang Jaya.

Aktivis Pertanian Umma dan Irfan AB Bantu Petani Tanam Padi di Bantimurung
Ansar/Tribunmaros.com
Mahasiswa Universitas Muslim Maros (Umma) dan Anggota DPRD Sulsel, Irfan AB membantu petani Dusun Moncongbori, Desa Mattoanging, Bantimurung, Maros, menanam padi. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

 TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Mahasiswa Universitas Muslim Maros (Umma), Anggota DPRD Sulsel dan warga, turun ke sawah Dusun Moncongbori, Desa Mattoanging, Bantimurung, Maros, untuk menanam bibit padi jenis IP300, Rabu (12/9/2018).

Mahasiswa Umma tersebut dari yakni dari Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) dan Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagro), Fakultas Pertanian Peternakan dan Kehutanan.

Penanaman IP300 tersebut dikerjasamakan dengan Kelompok Tani Sipatokkong dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mujur Kembang Jaya.

Ketua Umum Himagri, Muh Nur mengatakan, Mahasiswa memang harus bersentuhan langsung dengan warga. Apalagi jika mahasiswa mengambil jurusan pertanian.

Menurutnya, mahasiswa bukan hanya sebagai aktivis yang berorasi di jalanan. Tapi sebagai aktivis, mahasiswa juga harus turun ke sawah bersama petani.

"Bagi kami, aktivis itu bukan hanya mampu berorasi. Tapi harus lebih dari itu. Aktivis itu, harus turun langsung ke lapangan, berbaur dengan warga. Apalagi kita ini mahasiswa pertanian," katanya.

Sebagai mahasiswa, harus turun langsung membantu petani dengan bekal pengalaman yang didapatkan di kampus. Teori yang didadaptkan, harus dipraktikkan di lapangan.

Sementara, Ketua Umum Himagro, Jasman mengatakan, seharusnya mahasiswa menjalankan Tri Darma perguruan tinggi diantaranya turun langsung dan bermanfaat bagi warga

Mahasiswa butuh inplementasi, bukan hanya sekadar teori di kampus. Jika hanya melalui teori, semua mahasiswa bisa. Namun tanpa praktik, teori akan sia-sia.

"Mahasiswa seharusnya mengedepankan kebermanfaatan di warga. Bukan hanya sebatas aktif di bangku kuliah, tapi kita butuh implementasi. Bagi saya, itulah sepantasnya mahasiswa," ujarnya. (*)

Penulis: Ansar
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help