Keluarga Pangki, Penguasa Legislatif dan Birokrasi di Bulukumba

Saat ini, dua keturunan Karaeng Pangki menjabat sebagai ketua dan wakil ketua DPRD Bulukumba.

Keluarga Pangki, Penguasa Legislatif dan Birokrasi di Bulukumba
firki arisandi/tribunbulukumba.com
Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki (kanan) dan Wakil Ketua I Andi Zulkarnain Pangki (kiri). 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Deretan nama-nama keturunan Andi Pangki Dg Sawing, menghiasi susunan wakil rakyat dan birokrasi di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kerabat Andi Pangki Dg Sawing ini populer dan mengisi jabatan-jabatan strategis, seperti ketua ataupun wakil ketua DPRD Bulukumba, bahkan hingga sekretaris daerah (Sekda).

Andi Pangki Dg Sawing yang dikenal dengan nama Karaeng Pangki ini, merupakan pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia di Bulukumba dan juga pernah menjabat sebagai kepala Kehutanan selama 38 tahun.

Sejak DPRD Bulukumba ada, keturunannya sudah mendapat jabatan strategis, seperti Mantan Ketua DPRD Bulukumba Hardi Pangki, A Hidayat Pangki, Ruhaedah Tayyeb Pangki, A Ilham Pangki, Muh Syahrir Dg Beta.

Sebelumnya, juga ada nama Alm Ahmad Salatin Pabotingi dan Hj Haidah Dola yang merupakan istri Karaeng Pangki sendiri. Tak hanya di legislatif, keluarga Karaeng Pangki juga menduduki jabatan-jabatan strategis di birokrasi.

Seperti mantan Sekda Bulukumba A Untung Pangki, A Ramli Pangki di Samsat, A Marjuni Pangki di Dinas Perikanan dan Kelautan, A Mulyadi Pangki Camat di Rilau Ale.

Baca: Dua Putra Karaeng Pangki Jadi Pembaca Teks Proklamasi di Bulukumba

Baca: Golkar Cari Pengkhianat Partai, Andi Hamzah Pangki Rapat dengan Nurdin Halid

A Mappakaya Lurah di Jalanjang, A Minarni Pangki di Badan Keuangan daerah, A Risnawati Pangki di Dinas Pertanian, Nurwina Pangki Kepala SMP, A Irmayanti Untung di Kantor dan A Munawir di Keuangan Daerah, A Putri Rumpang di Bappeda, A Haris Pangki Satpol-PP, A Nadira Kabiro di UNM, dan masih banyak lagi.

Saat ini, dua keturunan Karaeng Pangki menjabat sebagai ketua dan wakil ketua DPRD Bulukumba. Mereka yakni Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki dan Wakil Ketua I Andi Zulkarnain Pangki.

Zulkarnain Pangki yang dimintai tanggapannya menjelaskan, terpilihnya dia menjadi wakil rakyat adalah sebuah amanah dan perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan masyarakat dari berbagai aspek.

Bukan hanya kepada masyarakat yang menjadi daerah pemilihannya, namun seluruh masyarakat Bulukumba.

"Bentuk kepercayaan masyarakat kepada orang tua kami sangat tinggi. Waktu kecil saya sering lihat bapak banyak membantu banyak orang, termasuk memperjuangkan hak veteran. Seingat saya, kalau di rumah banyak yang datang menemuinya," jelas Zulkarnain beberapa waktu lalu.

Dan kepercayaan itulah, kata Zulkarnain, yang terus ia jaga. Merusak nama sendiri sama halnya merusak nama besar keluarganya.

Namun dalam perjalanannya, keluarga besar Pangki belum ada yang menduduki posisi orang nomor satu di Bulukumba.

Saat dimintai tanggapannya terkait pencalonan bupati, ketua DPD PAN Bulukumba itu enggan berkomentar banyak. "Kalau soal itu, nantilah kita lihat. Yang pasti kami hanya berusaha membangun Bulukumba ke arah yang lebih baik," ujarnya.(*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help