Bawaslu Luwu Temukan Ribuan Pemilih Ganda DPT Pemilu 2019

Bawaslu berkepentingan untuk memastikan keakuratan data pemilih, sehingga potensi pelanggaran dapat dicegah.

Bawaslu Luwu Temukan Ribuan Pemilih Ganda DPT Pemilu 2019
desy/tribunluwu.com
Ketua Bawaslu Luwu, Abdul Latif Idris (kiri) dan Kordiv Hukum Bawaslu Luwu, Kaharuddin (kanan). 

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, Desy Arsyad

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu menemukan ribuan pemilih ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

DPT tersebut sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu beberapa waktu lalu.

"Kami bersama jajaran pengawas pemilu se-Kabupaten Luwu telah melakukan pencermatan tehadap DPT dan kita menemukan ada ribuan pemilih ganda dalam DPT tersebut," kata Ketua Bawaslu Luwu, Abdul Latif Idris, Selasa (11/9/2018).

"Terkait data hasil pencermatan DPT tersebut maka KPU Kabupaten Luwu berkewajiban melakukan penelusuran utk memastikan tidak ada lagi pemilih ganda dalam DPT Pemilu 2019," katanya.

Baca: Bawaslu Temukan Data Ganda DPT dari KPUD Maros

Baca: Bawaslu Enrekang Lakukan Pencarian Data Ganda di DPT Untuk Pemilu 2019

Sementara Kordiv Hukum Bawaslu Kabupaten Luwu, Kaharuddin menyampaikan, keakuratan data pemilih menjadi hal yang subtansi untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran pada saat pemungutan suara.

"Bawaslu berkepentingan untuk memastikan keakuratan data pemilih, sehingga potensi pelanggaran dapat kita cegah dari awal," tuturnya.

Dimana data pemilih merupakan element penting pemilu yang harus dipastikan tidak ada kegandaan dan pemilih yang tidak memenuhi syarat didalamnya.

"Pencermatan yang dilakukan oleh Bawaslu Luwu ini sebagai ihtiar memastikan data pemilih yang berkualitas," tegasnya.

Untuk diketahui berdasar hasil pencermatan Bawaslu Luwu menemukan pemilih ganda Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama sebanyak 598 pemilih.

Ganda NIK, nama, dan tempat tanggal lahir sebanyal 262 pemilih. Ganda NIK, nama dan tanggal lahir sebanyak 304 pemilih. Ganda NIK sebanyak 1.298 pemilih. Dan pemilih tidak memenuhi syarat lainnya 300 pemilih.(*)

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved