Ini Hasil Konsultasi Publik Tingkat Kecamatan se-Selayar di Pulau Tinabo

Para pihak yang hadir menyampaikan usulan seperti akses untuk pengambilan air bersih warga Latondu, Rajuni dan Tarupa

Ini Hasil Konsultasi Publik Tingkat Kecamatan se-Selayar di Pulau Tinabo
Sanovra JR/Tribun Timur
ILUSTRASI: Pulau Tinabo di Kepulauan Selayar terekam kamera drone Tribun Timur yang masuk dalam gugusan pulau di Kecamatan Takabonerate, Selayar, Sulsel, Sabtu (30/9). Pulau Tinabo (Tinabo Island Dive Resort) terletak di jantung kawasan koral yang terluas dan terkaya akan kehidupan biota lautnya di dunia yakni Taman Nasional Takabonerate dengan titik koordinat 6°33?0?LU 121°5?0?BTKoordinat: 6°33?0?LU 121°5?0?BT. Lokasinya disebelah timur Pulau Selayar yang berada tepat di tengah kawasan dan merupakan pilihan paling tepat untuk melakukan scuba-diving ataupun snorkelling di Sulawesi Selatan. TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR 

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Taman Nasional Taka Bonerate Selayar akan mereview dan ReZonasi pengelolaan dengan melakukan konsultasi publik tingkat kecamatan yang  di Pulau Tinabo, Kecamatan Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, ( Sulsel).

Dihadiri Kepala Balai Faat Rudhianto, Dosen  Fakultas Kehutanan Unhas Makassar  Prof. Amran Ahmad dan Prof. Ngakan Putu Oka, kepala Desa, Dusun, BPD se-kawasan Taka Bonerate,  tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok Masyarakat Mitra Polhut (MMP), kelompok Masyarakat Desa Konservasi, Komandan Resort, staf kecamatan dan mitra WCS-IP.

"Istimewa konsultasi publik tingkat Kecamatan ini karena, Balai berhasil mendatangkan dua guru besar senior yang sekaligus guru kami di Unhas Makassar," kata Kepala Balai Faat Rudhianto kepada Tribunselayar.com, Jumat (7/9/2018).

Para pihak yang hadir menyampaikan usulan seperti akses untuk pengambilan air bersih warga Latondu, Rajuni dan Tarupa di Latondu Kecil, akses untuk aktifitas Panambe ikan teri warga Tambuna di Pasitallu Barat,

"Akses masyarakat untuk penjemuran ikan di Bungin Belle, memberikan ruang untuk Daerah Perlindungan Laut warga Jinato yang merupakan program desa sebagai Zona Perlindungan Bahari

"Area DPL Desa Tambuna di sekitar Zona Inti Pasitallu Barat yang terdapat tanaman santigi dan kayu hitam pantai, Taka Lamungan dijadikan Zona Religi utk akomodir kepercayaan warga setempat,".

Usualan tersebut diakomodir dan disepakati saat itu dengan membuat berita acara konsultasi publik. Kemudian pada akhir September akan diadakan konsultasi publik tingkat kabupaten di Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar.

Penulis: Nurwahidah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help