Ketua TKBM Parepare Siap Transparansi Terkait Keuangan Buruh

Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Nusantara Parepare, Arsal siap transparansi masalah keuangan.

Ketua TKBM Parepare Siap Transparansi Terkait Keuangan Buruh
mulyadi
Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Nusantara Parepare, Arsal siap transparansi masalah keuangan. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Mulyadi

TRIBUN-TIMUR.COM, PAREPARE-Ketua Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Nusantara Parepare, Arsal siap transparansi masalah keuangan.

"Keuangan buruh yang dikelola TKBM semua kita lakukan transparan. Berapa gaji, berapa simpanan dan segala bentuk biaya,"terang dia, Kamis (6/9/2018).

Hal ini diungkapkan, Arsal sebagai jaminan bagi kesejahteraan buruh pelabuhan atau berbeda dengan kepengurusan sebelumnya.

Sembilan orang Ketua Regu Kerja (KRK) buruh Pelabuhan Parepare dipindahkan jadi pengawas karena selama dianggap tidak transparan dalam pengelolaan keuangan yang didapatkan buruh.

"Para buruh menolak untuk mengembalikan KRK karena saat ini dianggap sudah sejahtera. sehingga hasil rapat ratusan buruh menolak,"ujarnya.

Salah satu buruh Pelabuhan Parepare, Buhari menuturkan, pendapatannya saat ini dibandingkan dengan KRK sebelumnya meningkat dua kali lipat.

"Dulu waktu masih KRK (mandor) yang lama biasanya hanya bisa dapat Rp 120 ribu perorang dalam satu kelompok kerja. Sementara sekarang bisa Rp 300 ribu bahkan Rp 350 ribu bahkan beban kerja lebih ringan,"terang dia.

Sembilan orang KRK yang dimutasi menjadi pengawas buruh pun hingga saat ini masih berusaha protes dan mendesak posisinya dikembalikan.(*)

Foto : Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Parepare, Arsal

Penulis: Mulyadi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved