Haji La Tunrung AMC Ramai Pengunjung, Bukan Jual tapi Beli Dollar AS

Uniknya, banyak dari masyarakat yang datang ke Haji La Tunrung AMC bukan untuk menjual dollar AS, melainkan membelinya.

Haji La Tunrung AMC Ramai Pengunjung, Bukan Jual tapi Beli Dollar AS
sanovra/tribuntimur.com
Karyawan PT Haji La Tunrung Autorized Money Changer (AMC) melayani nasabah yang menukarkan uangnya di Jl RE. Martadinata, Makassar, Rabu (5/9). Nilai tukar rupiah (kurs) terhadap dollar Amerika Serikat terus merosot, Dollar hari ini menembus Rp 15.029 per dollar, atau level terendah sejak krisis 1998. Hari ini, mata uang Garuda ditransaksikan pada kisaran Rp 14.780 hingga Rp 14.938 per dollar AS. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dalam sepekan ini, nilai tukar rupiah terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Pelemahan rupiah atau penguatan dolar AS berdampak pada kenaikan pengunjung di Money Changer di beberapa tempat, salah satunya di PT Haji La Tunrung Authorized Money Changer (AMC).

Uniknya, banyak dari masyarakat yang datang ke Haji La Tunrung AMC bukan untuk menjual dollar AS, melainkan membelinya.

Marketing Manager PT Haji La Tunrung AMC, Hawa Hardiyanti yang dihubungi, Kamis (6/9/2018) menuturkan, Rabu (5/9/2018) kurs dollar menguat (naik).

"Hari ini, Kamis 6 September sudah mengalami penurunan karena sudah ada intervesi Bank Indonesia. Uniknya kemarin, malah Alhamdulillah banyak yang membeli, dari rupiah ke dollar AS," ujar Hardiyanti.

Ia pun heran dengan fakta di lapangan tersebut.

"Saya juga heran, tetapi yang terjadi di lapangan pada Rabu 5 September seperti itu. Mungkin ada kewajiban pembayaran (utang) yang nasabah harus lakukan menggunakan USD. Sehingga mungkin kalau ditunda, akan semakin tinggi," katanya.

Sayang, terkait total dan jumlah transaksi baik jual dan beli dollar AS di Money Changer tersebesar di Sulsel itu tidak ingin menjelaskan secara detail angkanya.

"Syukur alhamdulillah ramai. Saya tidak bisa sebut jumlah nomilal, tapi syukur Alhamdulillah," katanya.

Khusus Kamis ini, ada penurunan USD. Tetapi masyarakat rerata masib aktif membeli valas. "Bukan cuma USD tapi valas yang lain juga," katanya.

Di PT Haji La Tunrung AMC Rabu (5/9/2018) dollar AS dijual di angka Rp 14.900 dan dibeli di harga Rp 15.050. Sedangkan untuk hari ini harga jual posisi Rp 14.800 dan harga beli Rp 15.000. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help