Bapenda Sulsel Gelar Sosialisasi Pajak Daerah di Toraja Utara

tujuan sosialisasi untuk meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Sulsel di Toraja Utar

Bapenda Sulsel Gelar Sosialisasi Pajak Daerah di Toraja Utara
HANDOVER
Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Provinsi Sulawesi Selatan, UPT Pendapatan Wilayah Toraja Utara mengelar Sosialisasi Pajak Daerah di Hotel Hiltra, Kecamatan Rantepao, Kamis (6/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Provinsi Sulawesi Selatan, UPT Pendapatan Wilayah Toraja Utara mengelar Sosialisasi Pajak Daerah di Hotel Hiltra, Kecamatan Rantepao, Kamis (6/9/2018).

Turut hadir Bupati Kalatiku Paembonan, Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait, Kabid Pendapatan Asli Daerah Bapenda Sulsel Andi Darmayani Mansyur.

Kepala UPT Toraja Utara, Luciana T Saalino mengatakan, tujuan sosialisasi untuk meningkatkan pendapatan daerah Provinsi Sulsel di Toraja Utara, termasuk tiga Kecamatan yang paling banyak tidak membayar yakni Rantepao, Kesu dan Tallunglipu.

Sementara, Kabid Pendapatan Asli Daerah Bapenda Sulsel Andi Darmayani Mansyur mengatakan, sosialisasi dilaksanakan sebagai alat informasi untuk menyampaikan taat pajak kepada keluarga dan kerabat.

Sebab, pendapatan Toraja Utara sekarang ini berada di urutan sembilan dari 24 Kabupaten, dan masih realisasi di angka Rp 9 Miliar dari target Rp 14 Miliar.

Bupati Kalatiku Paembonan sekaligus membuka acara menyampaikan, akan memeratakan pemahaman kepada rakyat dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Sosialisasi ini harus ditegakkan sebagai wujud partisipasi rakyat yang dikenal sebagai rohnya ilmu pemerintahan, kita menghadirkan dan mengokohkan partisipasi rakyat dalam menegakkan pajak daerah," tutur Kalatiku.

Lanjutnya, rakyat harus tahu penyelanggaraan berasal dari rakyat dan untuk rakyat melalui pembangunan dan kegiatan lainnya, dengan berpikir seperti itu pajak adalah budaya dan tanggungjawab kita melakukannya.

"Kepada Camat, ini tugas kita, tolong agar menjadi perhatian serius, jadi bicara tentang pajak adalah kedaulatan rakyat, tanpa pajak negara ini tidak akan maju," jelasnya.

Dihadapan peserta sosialisasi, Bupati Kalatiku Paemboann berharap ada perubahan kesadaran dan sikap dalam rangka bertekad pengumpulan pajak untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Sebelum pembawan materi, dilakukan penyerahan data kendaraan kepada tiga Camat, catatan kendaraan dinas Pemkab Toraja Utara kepada Bupati Kalatiku Paembonan.

Kapolres AKBP Julianto P Sirait, turut hadir memberikan pemaparan tentang tugas pokok Kepolisian RI dalam proses penertiban STNK dan perubahan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Polri.

Dilanjutkan materi dari Bapenda Provinsi Sulsel, Polres Tana Toraja dan Jasaraharja Cabang Palopo. (*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved