Pemerhati Lingkungan Hidup Soroti Perusakan Hutan Lindung di Toraja Utara

Kerusakan diduga maraknya aktivitas penyadapan getah dan sudah tidak sesuai prosedur pengelolaannya dalam tiga tahun terakhir ini.

Pemerhati Lingkungan Hidup Soroti Perusakan Hutan Lindung di Toraja Utara
handover
Aktivitas penyadapan getah pohon pinus di kawasan Hutan Lindung di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Kawasan hutan lindung di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan mengalami kerusakan. Kerusakan diduga maraknya aktivitas penyadapan getah dan sudah tidak sesuai prosedur pengelolaannya dalam tiga tahun terakhir ini.

Hal tersebut diungkapkan Pemerharti Lingkungan Hidup Toraja, Paris. "Saya sangat prihatin dengan rusaknya pohon pinus yang berada di area hutan lindung. Ekosistem hutan lindung termasuk tegakan pinus sudah sangat banyak yang mati," katanya kepada TribunToraja.com, Rabu (5/9/2018).

Diketahui, sejumlah lahan pohon pinus di area hutan lindung dikelola oleh beberapa perusahaan, izinnya bahkan tidak sesuai aturan sehingga mematikan tegakan bantang pohon tersebut.

Pohon pinus yang rusak di Toraja Utara yakni di wilayah Kecamatan Rantebua, Nanggala, dan Buntao.

"Merusak dengan menyadap dan mematikan tegakan pohon pinus, sementara izin pengelolaan hutan lindung telah diatur dalam Undang-undang dan ancaman hukuman penjara," jelasnya.

Ia menyebut pengelolaan usaha getah pinus di area hutan di Toraja Utara juga didalangi oleh pihak oknum Dinas Kehutanan serta provinsi tanpa sepengatahuan pihak pemerintah daerah.

"Sekarang matinya tegakan pohon pinus di beberapa kecamatan itu, sementara perizinan usaha terus masif dilakukan tanpa melihat dampak yang akan terjadi ke depan. Itu akan terus merusak area hutan lindung, berdampak dari nilai ekonomis untuk masyarakat lokal tidak ada," tambahnya.(*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved