Catatan Sudirman Sulaiman untuk Kaum Millenial

Beberapa catatan dari orasi ilmiah oleh Andi Sudirman Sulaeman, saat pembukaan penerimaan maba FDK UIN Alauddin Makassar.

Catatan Sudirman Sulaiman untuk Kaum Millenial
Andi Sudirman Sulaiman 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasim Arfah

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman terlebih dahulu membawakan Kuliah Umum di depan mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (FDK UINAM) di Samata, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Selasa (4/9/2018) kemarin.

Dosen FDK UINAM, Ilham Hamid pun terkesan dengan kuliah umum salah satu wakil gubernur termuda di Indonesia ini kepada anak muda dari kalangan Millenial.

Beberapa catatan dari orasi ilmiah oleh Andi Sudirman Sulaeman, saat pembukaan penerimaan maba FDK UIN Alauddin Makassar.

Berikut catatan Sudirman yang disampaikan Ilham langsung ke Tribun, Rabu (5/9/2018).

Pertama, Sudirman menyampaikan konsep Islam tentang politik sudah jelas, untuk dakwah Islam itu sendiri, hindari perdebatan-perdebatan yang tidak perlu, sami'na wa atho'na, perbanyak taqwa kepada Allah Swt niscaya Allah akan memudahkan urusanmu.

Selain itu, Sudirman juga menganggap jabatan bukanlah rezeki untuk memperkaya diri dan keluarga, justru ini adalah amanah untuk berbuat untuk umat.

Jika sudah tidak bermanfaat untuk umat, maka akan diserahkan kepada orang lain yang lebih mampu.

Mantan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar ini juga menyarankan mahasiswa fokus belajar, jaga akhlak dan moral :

Ia juga akan mengajak masyarakat membantu pengajaran Al Qur'an di sekolah, tetapi tidak boleh membawa bendera, sebab Islam itu satu.

Dengan shalat hajat dapat membantu istri melahirkan, tanpa harus operasi cesar, juga melunasi hutang.

Hidup ini tidak selalu senang, kadang juga susah, hadapilah dengan taqwa.(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved