VIDEO: Suasana Penyuluhan Keamanan Pangan Industri Rumah Tangga di Enrekang

Penggunaan tambahan pangan pun ada batas penggunaannya yang aman termasuk sanitasi dan lokasi industri.

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) Sulsel bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Enrekang menggelar penyuluhan keamanan pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) di Cafe Rini Massemba, Kelurahan Leoran, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Selasa (4/9/2018).

Acara yang dibuka langsung oleh Plt Kepala Dinkes Enrekang, Sutrisno itu menghadirkan narasumber Andi Paluseri dari BPOM Makassar dan UPT Balai POM Loka Pengawas Obat dan Makanan di Palopo, Nurtati Rahman.

Dalam kesempatan itu, Nurtati Rahman mengatakan Penyuluhan keamanan pangan industri rumah tangga diselenggarakan khusus untuk pelaku UMKM.

Tujuan utamanya, untuk memberikan pengetahuan kepada calon pengusaha tentang keamanan pangan, bahan tambahan pangan yang aman digunakan untuk produksi hasil pangan.

Sebab, penggunaan tambahan pangan pun ada batas penggunaannya yang aman termasuk sanitasi dan lokasi industri.

"Jadi para calon pelaku Industri ini nantinya akan diberikan berbagai bekal pengetahuan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan dalam olahan pangan," katanya.

Ia menjelaskan, para peserta penyuluhan tersebut akan diberikan free tes untuk mengetahui apa saja mereka ketahui tentang keamanan pangan.

Begitupun setelah menerima materi, mereka akan diberikan post tes sejauh mana mereka memahami dan menerima materi yang diberikan

"Jadi jika mereka berhasil lolos dari test itu nantinya, kita akan beri sertifikat bahwa mereka telah memahami terkait kemanan pangan," ujarnya.

Kegiatan penyuluhan keamanan pangan tersebut dihadiri oleh puluhan pengusaha Home Industri yang ada di Enrekang.

Simak videonya:(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help