Bakal Terapkan Sistem Pertanian Salibu, Petani Minta Pembeli Solar ke Bupati Bulukumba

Sistem ini memungkinkan petani untuk memanen padi lebih dari satu kali, dengan hanya menggunakan bibit lama

Bakal Terapkan Sistem Pertanian Salibu, Petani Minta Pembeli Solar ke Bupati Bulukumba
HANDOVER
Penyerahan bantuan mesin pertanian secara simbolis oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, di kantor Dinas Pertanian, Selasa (4/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Salah seorang petani dari Kelurahan Jalanjang, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Ishak meminta pembeli solar kepada Bupati AM Sukri Sappewali.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ishak, saat diberikan kesempatan untuk memberi pertanyaan kepada bupati, saat menghadiri acara penyerahan bantuan mesin pertanian di Dinas Pertanian Bulukumba, Selasa (4/8/2018).

"Tahun lalu saya belum terapkan puang (Panggilan ke bupati). Rencananya tahun ini baru mau saya terapkan sistem salibu (Salin ibu), tapi saya minta bantuan pembeli solar puang," ujar Ishak disambut tawa tetamu undangan.

Padi Salibu ini merupakan tanaman padi yang tumbuh kembali setelah di pangkas. Efektifnya dilakukan seminggu setelah panen.

Sistem ini memungkinkan petani untuk memanen padi lebih dari satu kali, dengan hanya menggunakan bibit lama pada masa tanam sebelumnya.

Ternyata, permintaan Ishak kepada bupati dua priode itu tak bertepuk sebelah tangan.

Saat acara telah usai, melalui ajudannya, bupati Sukri Sappewali memberikan bantuan kepada Ishak, yang dibungkus amplop berwarna putih.

"Jangan belikan ballo' nah. Belikan solar, semoga penerapan sistem salibu bisa berhasil dan memakmurkan para petani," harap Sukri didepan Ishak dan petani lainnya.

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help