Wabup Luwu Timur Ajak Warganya Ikut Penanggulangan HIV-AIDS

Menurutnya, penanganan secara komprehensif perlu dilakukan tidak hanya pemerintah dan kelompok tertentu tapi juga pelibatan masyarakat.

Wabup Luwu Timur Ajak Warganya Ikut Penanggulangan HIV-AIDS
HANDOVER
Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengajak warganya turut andil dalam penanggulangan penyakit Human Immunodefficiency Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS). 

Laporan Wartawan TribunLutim.com, Ivan Ismar

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengajak warganya turut andil dalam penanggulangan penyakit Human Immunodefficiency Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Hal ini disampaikan Irwan dalam pengukuhan 11 perwakilan kecamatan di Luwu Timur sebagai pelopor peduli AIDS, di Aula Hotel I Lagaligo Malili, Senin (3/9/2018).

Irwan mengatakan pola penularan HIV AIDS masih disebabkan hubungan seksual dengan berganti pasangan, transfusi darah yang tidak aman hingga penyalahgunaan narkotika.

Menurutnya, penanganan secara komprehensif perlu dilakukan tidak hanya pemerintah dan kelompok tertentu tapi juga pelibatan masyarakat.

"Penanggulangan HIV AIDS dengan pelibatan masyarakat bisa lebih efektif dilakukan," kata Irwan.

Cara tersebut kata Irwan bisa menjadi model nasional nantinya karen baru di Luwu Timur yang melaksanakan model penanggulangan HIV AIDS seperti itu.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Luwu Timur tercatat 99 kasus HIV AIDS di Luwu Timur per Februari 2015. Jumlah itu diperkirakan terus meningkat.

Diharapkan WPA maksimal melakukan pendekatan preventif dan penyuluhan kepada masyarakat guna mencegah dan meminimalkan penyebaran virus HIV AIDS.

"Salah satu langkah pencegahan melalui pelibatan masyarakat atau WPA yang diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus mematikan ini," tuturnya.(*)

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved