Unanda Produksi Bibit Durian Unggul Palopo

Benih merupakan salah satu input utama sekaligus faktor yang cukup dominan dalam menentukan tingkat produktivitas tanaman durian

Unanda Produksi Bibit Durian Unggul Palopo
istimewa
Durian 

TRIBUN-TIMUR.COM, PALOPO - Durian merupakan buah yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Buah ini masuk dalam kategori jenis unggulan. Karena jenis unggulan, usaha pengembangan bibit buahnya pun semakin luas.

Palopo dikenal sebagai salah satu daerah sentra produksi durian di Sulawesi Selatan.

Ada beberapa jenis durian yang kini sangat digemari karena rasa dan eksklusivitasnya, yaitu durian Sawerigading, durian Lalong, durian Tomalatea dan durian Otong.

Varietas durian unggul Palopo tersebut saat ini dikembangkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma (UNANDA) Palopo dalam Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus
(PPUPIK).

"Usaha tersebut dibidik oleh UNANDA karena memiliki sumber daya yang sangat mumpuni di bidang teknologi tepat guna yakni penangkar benih ataupun pembibitan durian unggul lokal," kata Dr Sukriming Sapareng, SP, MP, Ketua Pelaksana Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK).

Dipaparkan, program tersebut diharapkan memberikan kesempatan dan pengalaman kepada Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma Palopo.

Menurutnya, dengan adanya program ini dapat mendorong perkembangan budidaya tanaman durian unggul lokal Palopo, pemanfaatan hasil reset dan menjadi salah satu sumber pendapatan.

"Salah satu cara menghasilkan benih tanaman durian yang baik dan bermutu untuk memenuhi kebutuhan benih petani durian yaitu dengan cara penangkaran benih," tambahnya.

Benih merupakan salah satu input utama sekaligus faktor yang cukup dominan dalam menentukan tingkat produktivitas tanaman durian.

Prospek usaha budidaya durian sangat luas. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki buah durian dengan beragam varietas dan berbuah sepanjang tahun.

Unanda Palopo kembangkan varietas bibit durian unggul
Unanda Palopo kembangkan varietas bibit durian unggul (HANDOVER)

Nah, dengan penanganan yang profesional serta bantuan dari pemerintah, durian Indonesia mampu menguasai pasar dunia.

Durian lokal memiliki keunggulan rasa yang khas. Meskipun banyak masuk durian impor seperti Thailand, durian lokal tetap memiliki penggemar tersendiri. (*)

Penulis: Nurul Adha Islamiah
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help