PPPA Bantaeng Hadirkan Permainan Tradisional di Taman Bermain Anak Pantai Seruni

Permaianan tradisional dimaksud adalah hadangan, engklek, jalur lari maupun balap karung dengan memanfaatkan barang daur ulang berupa ban bekas.

PPPA Bantaeng Hadirkan Permainan Tradisional di Taman Bermain Anak Pantai Seruni
HANDOVER
Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas PMDPPPA Bantaeng menghadirkan sejumlah permainan masyarakat tradisional di Taman Bermain Pantai Seruni Bantaeng. 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas PMDPPPA Bantaeng menghadirkan sejumlah permainan masyarakat tradisional di Taman Bermain Pantai Seruni Bantaeng.

Hal ini yang terbilang baru pada arena yang disiapkan khusus untuk memanjakan para anak di Bantaeng, setelah sebelumnya sejumlah permainan modern pun telah hadir dan dinikmati secara gratis.

Permaianan tradisional dimaksud adalah hadangan, engklek, jalur lari maupun balap karung dengan memanfaatkan barang daur ulang berupa ban bekas.

Kabid PPPA, Dinas PMDPPPA Bantaeng Syamsuniar Malik menjelaskan bahwa cara itu dilakukan agar para anak juga bisa mengenali permaianan tradisional yang menyenangkan.

"Sehingga, mereka bisa mengetahui bahwa permainan tradisional juga sangat asik. Agar tidak terfokus pada permainan gaya kebarat-baratan," ujarnya kepada TribunBantaeng.com, Senin (3/9/2018).

Tidak hanya itu, tetapi juga hal ini dianggap sebagai bagian dari bentuk kepedulian kepada para anak yang saat ini lebih kental dengan permainan gadget.

Mereka kini dengan leluasa mengakses informasi yang disuguhkan pada dunia maya. Termasuk hal negatif yang mampu membentuk perilaku mereka pada masyarakat.

"Anak-anak saat ini itu cenderung bergantung pada gadget dan kami kuatir jika terus mengakses yang belum selayaknya diterima, akhirnya mampu mempengaruhi perilaku mereka," tuturnya.

Selain permainan tradisional tersebut, program yang diinisiasi oleh Forum Anak Butta Toa itu lewat Musrenbang Anak itu juga menyiapkan permainan ular tangga dengan metode kuis.

Permainan semai, dam, engrang, kaki seribu, congklak, loncat tali, kelereng, gasing dan loncat karet. Maupun permainan lain yang tidak harus menggunakan alat peraga khusus. (*)

Ket Gambar : Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas PMDPPPA Bantaeng menghadirkan sejumlah permainan masyarakat tradisional di Taman Bermain Pantai Seruni Bantaeng.

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved