105 Desa di Luwu akan Ikut Pilkades Serentak

Untuk jumlah calon, pihak DPMD membatasi yakni maksimal lima calon kepala desa. Dan tidak diperbolehkan calon kades tunggal.

105 Desa di Luwu akan Ikut Pilkades Serentak
Desy
Kabid Pemerintahan Desa DPMD Luwu, Muhammad Tahir. 

Laporan Wartawan TribunLuwu.com, Desy Arsyad

TRIBUNLUWU.COM, BELOPA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Luwu akan melakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak se Kabupaten Luwu 2019 mendatang.

Sebanyak 105 desa yang ada di Kabupaten Luwu akan mengikuti pilkades serentak ketiga. Dimana pilkades serentak pertama digelar pada tahun 2015, kemudian kedua 2017.

Sekretaris DPMD Luwu, Husain melalui Kabid Pemerintahan Desa, Muhammad Tahir, mengatakan 105 desa tersebut masa jabatannya berakhir 2018, 2019 dan 2020, saat ditemui di ruang kerjanya, Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa.

"Paling lambat nanti pelantikan bulan Desember 2019. Tahapannya dimulai setelah pemilu nanti. Pemilihan ini untuk masa jabatan berakhir tahun 2018, untuk masa jabatan 2019 dan 2020 pemilihannya dipercepat," ujarnya, Senin (3/9/2019).

Untuk jumlah calon, pihak DPMD membatasi yakni maksimal lima calon kepala desa. Dan tidak diperbolehkan calon kades tunggal.

"Batas maksimal lima calon kepala desa. Tidak boleh ada satu yang mendaftar, akan diperpanjang. Dengan dasar Perda nomor 3 tahun 2017 dan Permendagri nomor 82 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian kepala desa," jelasnya.

Untuk syaratnya calon kades sama dengan pilkades 2017 lalu, yakni pendidikan minimal tamatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan batas umur maksimal 60 tahun.

"Cuman pilkades serentak pertama ke kedua yang beruba syarat. Dimana pilkades pertama syaratnya warga setempat berubah menjadi warga Negara Indonesia. Jadi biar bukan orang Luwu bisa daftar calon kades. Dari Jawa datang ke sini juga bisa," tandasnya.

Penulis: Desy Arsyad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved