Catut Nama Pelindo, Dua Pelaku Penipuan Dibekuk Polres Pelabuhan Makassar

Modus penipuan yang dilakukan pelaku dengan cara menggunakan akun email PELINDO.BIROLOGISTIC4@gmail.com.

Catut Nama Pelindo, Dua Pelaku Penipuan Dibekuk Polres Pelabuhan Makassar
BBC
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasan Basri

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Resmob Satuan Reskrim dan Unit Opsnal Satuan Intelkam Polres Pelabuhan Makassar mengamankan dua pelaku penipuan dengan modus menggunakan akun email milik perusahan Pelindo.

Kedua pelaku ini adalah Hasriawati Sahamma (42) (wiraswasta) dan Muhammad Asdar AB (41) (pekerjaan PNS). Mereka diamankan Sabtu (01/09/2018) kemarin di dua lokasi berbeda.

Hasriwati diringkus di rumahnya di Jl. Topas Ruko Samrud, sedangkan Muhammad Asdar dibekuk di Jl. Bumi Daya Indah, Makassar.

Menurut Kepala Satuan Reskrim Polres Pelabuhan, AKP Benny Pornika, kedua pelaku diamankan atas dasar laporan dengan nomor LP / 196 / VII / 2018 / Sulsel / Res Pelabuban Makassar atas kejadian Senin 02 Juli 2018.

Baca: Usulan Rakernas APBMI, Pelindo Setop Bongkar Muat di Pelabuhan Konvensional

"Korban pelapor atas nama Sonny Dhani ( 22), pekerjaan swasta, alamat Jl. Maccini Raya Makassar," kata Benny Pornika kepada Tribun, Minggu (02/09/2018) malam,

Benny menjelaskan, modus penipuan yang dilakukan pelaku dengan cara menggunakan akun email PELINDO.BIROLOGISTIC4@gmail.com.

Pelaku lalu meminta transferan uang kepada korban dengan alasan untuk biaya kelengkapan dokumen perusahaan PT Nurjaya Nusantara milik korban.

Total kerugian dialami korban senilai RP 50 juta.

Keberadaan kedua pelaku terlacak atas hasil penyelidikan melalui akun email yang dipakai Hasriawati Sahamma dan nomor rekening tujuan yang ditrasferkan oleh korban.

Baca: Lakukan Penipuan hingga Rp 51 juta, Warga Akkajang Pinrang Ini Diringkus Polisi

Setelahg mengetahui keberadaanya, tim gabungan yang dipimpin oleh Kanit Buser Sat Reskrim IPTU Mukhlis langsung menuju lokasi dan mengamankan di kamar rukonya sekitar pukul 02.00 Wita.

Hasil introgasi terhadap Hasriawati bahwa saat kejadian dirinya di panggil oleh Muhammad Asdar untuk bersama ke Bank BNI Jl. Perintis Kemerdekaan Makassar untuk melakukan penarikan uang tunai melalui buku Rek BNI miliknya.

Setelah melakukan penarikan tunai kedua, pelaku menuju ATM BNI Kampus Unhas untuk melakukan stor tunai di Rek BRI milik Muhammad Asdar.

Selanjutnya sekitar pukul 06.00 Wita, personel gabungan menuju alamat rumah Muhammad Asdar dan langsung diamankan.(*)

Kedua pelaku mengakui semua perbuatannya. Selain pelaku, polisi juga menemukan sejumlah barang bukti berupa uang hasil penipuan dan buku rekening serta kartu ATM. (san)

Penulis: Hasan Basri
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help