Pemkab Toraja Utara Jalin Kerjasama Dengan ITB

Kalatiku Paembonan berharap kerjasama ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam memajukan pengembangan Toraja Utara

Pemkab Toraja Utara Jalin Kerjasama Dengan ITB
HANDOVER
Bupati Kalatiku Paembonan melakukan penandatangan MoU bersama ITB di Ruang Rapim A Gedung Rektorat ITB, Bandung, Selasa (28/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara menjalin kerjasama dengan pihak Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ditandai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang berlangsung di Ruang Rapim A Gedung Rektorat ITB, Bandung, Selasa (28/8/2018).

Bupati Kalatiku Paembonan mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama tersebut, dimana merupakan terobosan melahirkan gagasan inovatif berbasis keilmuan dan teknologi dalam mendorong perencanaan dan pengembangan pembangunan dengan memanfaatkan potensi lokal Toraja Utara melalui riset yang dilakukan oleh ITB nantinya.

"Bagi kami bekerjasama dengan perguruan tinggi, apalagi sehebat ITB merupakan kehormatan dan langkah baru dalam inovasi dan kreatifitas di Toraja Utara," tutur Bupati Kalatiku dalam rilis pers Diskominfo Toraja Utara, Sabtu (1/9/2018).

Menurut Kalatiku, kesempatan tersebut merupakan peluang cukup baik karena, bidang pendidikan masih sangat membutuhkan arahan atau peluang mengembangkan keilmuan serta keterampilan yang dibutuhkan Kabupaten Toraja Utara terutama bidang pariwisata.

Pada kesempatannya, Bupati Kalatiku Paembonan berharap kerjasama ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam memajukan pengembangan Toraja Utara sekaligus dalam penerapan dan ilmu pengetahuan.

"Kampung kita butuh sentuhan baru, mudahan kerjasama ini bisa mewujudkan kemanfaatan secara timbal balik, buat kita dalam pengembangan dan ITB keilmuannya," jelasnya.

Sementara, Wakil Rektor ITB Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan, Prof Bambang Riyanto Trilaksono memberikan apresiasi atas kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara bersama ITB.

"Bidang yang dikerjasamakan memiliki kaitan dengan prodi di ITB, seperti teknik pertambangan, geologi, arsitektur, perencanaan wilayah tata kota dan program studi lainnya," ujar Prof Bambang.

"Hasil riset yang kami lakukan bukan hanya untuk publikasi, tapi bisa dimanfaatkan bagi masyarakat, industri dan stakeholder dari ITB lainnya," ungkapnya.

Turut hadir pada penandatanganan MoU kerjasama mendampingi Bupati Kalatiku Paembonan yakni Kadis Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Daniel Tandi dan Kabis Komunikasi Publik Diskominfo Anugerah Rundupadang. (*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved