Pemkot Cimahi Studi Komparatif di Makassar

Pejabat Pemerintah Kota Cimahi beserta rombongan berkunjung ke Balaikota Makassar, Jumat (30/8/2018).

Pemkot Cimahi Studi Komparatif di Makassar
HANDOVER
Pejabat Pemerintah Kota Cimahi beserta rombongan berkunjung ke Balaikota Makassar, Jumat (30/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pejabat Pemerintah Kota Cimahi beserta rombongan berkunjung ke Balaikota Makassar, Jumat (30/8/2018).

Kunjungan pemerintah Kota Cimahi ke Makassar untuk melihat secara langsung berbagai inovasi pemerintah kota Makassar melalui program smart citynya, khususnya dalam hal pelayanan Rumah sakit dan Puskesmas berbasis IT serta Call Centre.

Rombongan yang berjumlah 15 orang tersebut, terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan, Wakil Direktur RSUD Cibabat, pejabat Dinas Komunikasi, Informatika, Kearsipan dan Perpustakaan, serta beberapa orang staf.

Rombongan yang diketuai oleh kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi kota Drg Pratiwi diterima langsung oleh Staf Ahli Bidang lll Pemkota Makassar, Takdir Alim Bahri.

"Tujuan kami ke Makassar adalah untuk studi komparatif, mempelajari tentang bagaimana pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas yang berbasis IT, serta pelayanan call centre di Pemerintah Kota Makassar," ucap Pratiwi.

Sementra itu, Takdir menjelaskan salah satu potensi Kota makassar, dimana Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto telah mengembangkan konsep menggerakkan ekonomi mikro dengan menciptakan pusat-pusat perekonomian baru.

'"Sekarang pak Danny telah mengonsep Kanrerong ri Karebosi pusat jajanan kuliner, yang juga menjadi program relokasi atau penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Makassar," jelasnya.

Takdir menambahkan bahwa dengan adanya pusat jajanan kuliner ini, diharapkan Kanrerong ri Karebosi nantinya akan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Makassaar serta menyerap tenaga kerja yang banyak.

Usai menerima penjelasan dan tanya jawab, rombongan langsung menuju ke ruang War Room untuk melihat langsung bagaimana perkembangan dan sistem pelayanan publik smart city yang ada di ruang kontrol tersebut. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved