Kepala L2Dikti Jadi Nakhoda Kapal di Polimarim, Lalu Uji Taruna Pakai Bahasa Inggris

'Kita benar-benar seperti berada di atas kapal di tengah laut. Di samping kiri kanannya terlihat ada kapal yang tengah bergerak,” ujar Jasruddin

Kepala L2Dikti Jadi Nakhoda Kapal di Polimarim, Lalu Uji Taruna Pakai Bahasa Inggris - 28082018_polimarim_1_20180829_001049.jpg
handover
Kepala L2Dikti Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin MSi saat membuka acara Pelatihan Audit Internal ISO 9001:2015 di kampus Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Selasa (28/8/2018).
Kepala L2Dikti Jadi Nakhoda Kapal di Polimarim, Lalu Uji Taruna Pakai Bahasa Inggris - 28082018_polimarim_2_20180829_001233.jpg
handover
Kepala L2Dikti Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin MSi saat menguji taruna yang mengikuti ujian karya tulis ilmiah di aula kampus Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Selasa (28/8/2018).

Laporan Wartawan Tribun Timur, Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Kemenristek Dikti Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin MSi menjadi nakhoda kapal di kampus Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Selasa (28/8/2018).

Hal itu terjadi saat Koordinator Kopertis IX Sulawesi itu –sebelum berubah menjadi L2Dikti, berkunjung ke kampus Politeknik Maritim AMI Makassar, Jl Nuri Baru No 1, Kecamatan Mamajang, Makassar.

Dikutip dari rilis Humas Polimarim, Jasruddin tampak mengendalikan sebuah kapal barang dari ruang laboratorium anjungan kapal yang juga dikenal sebagai navigation bridge simulator milik Polimarim.

Baca: Informasi Terbaru dari BKD Sulsel untuk Seleksi CPNS 2018, Lengkap 10 Perbedaan dan Pendaftaran?

Baca: sscn.bkn.go.id - Presiden dan Menpan Rapat dengan BKN Provinsi, Bahas Juknis dan Penetapan Kuota

Baca: Tewaskan Enam Orang, Keluarga Duga Ada Unsur Kesengajaan di Kebakaran Tinumbu Makassar

Di dalam ruangan yang fasilitasnya cukup lengkap itu, mantan Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM) memutar kemudi ke arah kiri dan sebaliknya untuk mengarahkan kapal agar tidak menabrak kapal di kiri-kanan jalur pelayaran.

Pada beberapa kesempatan memutar kemudi, Guru Besar Universitas Negeri Makassar ini mendapat penjelasan dari Capt Indra Priyatna. Ia kagum dan memuji simulator yang merupakan laboratorium di depannya.

''Kita benar-benar seperti berada di atas kapal di tengah laut. Di samping kiri kanannya terlihat ada kapal yang tengah bergerak,” ujar Jasruddin sambil memegang kemudi kapal dan mengarahkannya.

Kepala L2Dikti Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin MSi saat membuka acara Pelatihan Audit Internal ISO 9001:2015 di kampus Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Selasa (28/8/2018).
Kepala L2Dikti Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin MSi saat membuka acara Pelatihan Audit Internal ISO 9001:2015 di kampus Politeknik Maritim AMI Makassar (Polimarim), Selasa (28/8/2018). (handover)

Pada simulator yang didesain mirip anjungan kapal ini, semua bisa disimulasikan. Tinggi rendahnya gelombang bisa diatur di ruang ini. Artinya simulator bisa disesuaikan dengan kondisi seperti kenyataan sebenarnya.

Kedatangan Jasruddin merupakan kunjungan pertama sejak dilantik sebagai Kepala L2Dikti. Sejumlah agenda dilaksanakan mantan Direktur Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM) itu di Kampus Biru Polimarim Jalan Nuri.

Lulusan S2 dan S3 Institut Teknologi Bandung ini diterima Direktur Polimarim AMI Makassar Amrin Rani, didampingi Pembina Polimarim Capt Indra Priatna, Pengarah Uji Kompetensi Pelaut (UKP) Capt Bimo Setiawan, jajaran asisten direktur, dan civitas akademika Polimarim.

Halaman
123
Penulis: Alfian
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved