Begini Cara Bawaslu Bantaeng Deteksi Kerawanan Pemilu

Pengumpulan data tersebut sebagai deteksi dini, untuk memetakan kerawanan pemilu, dilihat dari data-data pemilihan sebelumnya.

Begini Cara Bawaslu Bantaeng Deteksi Kerawanan Pemilu
edi hermawan/tribunbantaeng.com
Komisioner Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar lembaga, Nuzuliah Hidayah (kiri) dan Komisioner Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Ningsih Purwanti. 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantaeng menyasar sejumlah lembaga untuk mendeteksi Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2019.

Komisioner Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar lembaga, Nuzuliah Hidayah menjelaskan bahwa dari sejumlah sasaran, awak media menjadi salah satu sumber mereka untuk mencari tau IKP tersebut.

"Kami menyasar beberapa lembaga untuk dilakukan pengambilan data, salah satunya adalah awak media," ujarnya kepada TribunBantaeng.com, Rabu (29/8/2018).

Menurutnya, pengumpulan data tersebut sebagai deteksi dini, untuk memetakan kerawanan pemilu, dilihat dari data-data pemilihan sebelumnya.

Baca: Bawaslu Sulsel Buka Pendaftaran Tim Pemantau Pemilu 2019

Baca: Ini Kecamatan di Pangkep dengan Wajib Pilih Terbanyak Pemilu 2019

Hasilnya akan dikirimkan kepada Bawaslu RI dan selanjutnya akan digunakan untuk menyusun strategi, agar dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran pemilu ke depan.

"Nah Bawaslu RI tentu akan menjadikan data ini sebagai bahan dalam menyusun strategi dalam meminimalisir pelanggaran pemilu kedepannya," tambahnya.

Pengumpulan data yang dilakukan lewat kuisioner, dengan jumlah variabel berbeda, seperti untuk media 76 variabel yang, Bawaslu 109 variabel, KPU 33 variabel, penyelanggara 15 variabel dan Kepolisian 23 variabel.

Saat melakukan pengisian kuisioner untuk awak media, Nuzuliah didampingi Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa, Ningsih Purwanti.(*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved