Asian Games 2018

Atlet Renang Indah Sulsel Ini Rela Tunda Kuliah Demi Bela Negara di Asian Games 2018

Meski telah tertinggal, Tami tetap memiliki keinginan kuat untuk tetap melanjutkan pendidikannya.

Atlet Renang Indah Sulsel Ini Rela Tunda Kuliah Demi Bela Negara di Asian Games 2018
handover
Nurul Utami

Laporan Wartawan Tribun Timur, Alfian

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Nurul Utami harus menunda sementara keinginannya lanjut di Perguruan Tinggi. Dimana teman seangkatannya tengah menikmati masa-masa sebagai mahasiswa baru, remaja kelahiran Mei 2000 malah mengorbankan waktunya berlatih dengan keras.

Ulfa merupakan satu diantara 18 atlet Sulawesi Selatan yang mewakili Indonesia di ajang Asian Games 2018 ini. Anak dari pasangan Mustafa dan Nurbah Ali tergabung dalam tim Renang Indah.

Sejak terpilih melalui seleksi, Tami sapaan akrabnya harus bekerja dan berlatih ekstra lagi di pemusatan latihan. Padahal sebelumnya, alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Makassar tahun 2018 itu berkeinginan melanjutkan kuliahnya.

"Tapi mau bagaimana saya juga harus lebih banyak latihan dan fokus supaya bisa tampil baik nanti, sementara tidak ada yang bisa uruskan kuliah jadinya saya tidak ikut tes serentak waktu itu," ujarnya saat dihubungi, Minggu (26/8/2018).

Baca: UPDATE Klasemen atau Perolehan Medali Asian Games 2018 - Terancam Digeser Korea Utara & Thailand

Baca: Dua Atlet Dayung Asal Sulsel Persembahkan Perunggu di Asian Games

Meski telah tertinggal, Tami tetap memiliki keinginan kuat untuk tetap melanjutkan pendidikannya. "InsyaAllah saya mau lanjut tahun depan di Unhas, rencananya mau ambil Akutansi," ungkapnya.

Ajang Asian Games merupakan ajang terakbar yang diikuti oleh Nurul Utami. Jauh sebelum terpilih sebagai salah satu atlet kontingen Indonesia, alumni SMPN 3 Makassar itu telah bergelut dengan olahraga renang sejak masih TK.

Olahraga renang pertama kali diperkenalkan kepada Tami dari Ayahnya, Mustafa. Kala itu ayahnya juga salah satu pelatih renang usia muda di kolam Renang Mattoangin.

Di tahun 2012, dirinya diajak untuk ikut bergabung dalam tim Renang Indah yang digawangi pelatih renang Indah, Shelvy Melowa, yang juga mantan atlet Renang Indah Nasional. Namun ia sempat vakum latihan renang indah selama tiga tahun.

"Karena saya diminta fokus latihan biasa dulu jadi saya gabung di kolam renang Kodam selama tiga tahun dan kembali lagi latihan renang indah tahun 2016 lalu," lanjutnya.

Sederet prestasi pun mulai diraih Tami. Diantaranya yakni medali perunggu nomor duet di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 Jawa Barat . Serta perunggu nomor Team di Sea Games 2017 Kuala Lumpur.

Di Asian Games ini Tami bakal turun di nomor team dan akan bertanding, Rabu (29/8), mendatang. "Asian Games ini ajang terbesar saya, jadi harapannya cuma bisa tampilkan yang terbaik untuk Indonesia dan Sulawesi Selatan," tutupnya.(*)

Penulis: Alfian
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved