Defisit Rp 89 M Sambut Pemerintahan Ilham Azikin-Sahabuddin

Penyebab terjadinya defisit keuangan tersebut adalah tidak tercapainya target pendapatan dari sektor pajak dan retribusi.

Defisit Rp 89 M Sambut Pemerintahan Ilham Azikin-Sahabuddin
handover
Pj Bupati Bantaeng, Ashari Fakhsirie Radjamilo bersama Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng terpilih, Ilham Azikin-Sahabuddin. 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng terpilih, Ilham Azikin-Sahabuddin telah ditetapkan oleh KPU Bantaeng dan DPRD Bantaeng lewat sidang paripurna.

Informasi yang dihimpun TribunBantaeng.com, keduanya pun bakal segera dilantik pada September mendatang.

Ada berbagai tugas pemerintahan yang akan menjemputnya, salah satunya yaitu kondisi keuangan Pemkab Bantaeng yang saat ini mengalami defisit hingga Rp 89 miliar.

Sekretaris BPKD Bantaeng, Junaedi, Minggu (26/8/2018) menyebutkan bahwa penyebab terjadinya defisit keuangan tersebut adalah tidak tercapainya target pendapatan dari sektor pajak dan retribusi.

Baca: Ditetapkan DPRD, AFR Harap Ilham Azikin-Sahabuddin Bawa Bantaeng Lebih Maju

Baca: Ilham Azikin Juga Hadir di Open House Pj Bupati Bantaeng

"Ini adalah dampak dari rendahnya penyerapan target pajak dan retribusi, menyebabkan Pemkab kesulitan dalam memenuhi kebutuhan belanja sekitar 89 miliar pada APBD pokok," katanya.

Atas persoalan defisit tersebut, eksekutif dan legislatif menurutnya telah menyepakati penyesuaian anggaran pada APBD perubahan 2018.

Upaya yang ditempuh yaitu dengan melakukan rasionalisasi belanja, tanpa mengabaikan belanja urusan wajib pelayanan dasar.

"Dalam APBD perubahan, disepakti akan dilakukan penyesuaian pendapatan. Tentunya dengan melakukan rasionalisasi belanja tanpa mengabaikan belanja urusan wajib pelayanan dasar," tuturnya.(*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved