CITIZEN REPORTER

6.624 Maba Unhas akan Ikuti Balance 2018

Perwakilan mahasiswa baru dari 15 Fakultas di Universitas Hasanuddin mengikuti pembukaan Basic Learning Character and Creativity

6.624 Maba Unhas akan Ikuti Balance 2018
CITIZEN REPORTER
Sebanyak 500 perwakilan mahasiswa baru dari 15 Fakultas di Universitas Hasanuddin mengikuti pembukaan Basic Learning Character and Creativity (BALANCE) 2018 di Auditorium Prof. A. Amiruddin, Fakultas Kedokteran Unhas, Sabtu (25/8/2018). 

Aminullah

Instruktur Balance Unhas 2018

Melaporkan dari Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM-Sebanyak 500 perwakilan mahasiswa baru dari 15 Fakultas di Universitas Hasanuddin mengikuti pembukaan Basic Learning Character and Creativity (BALANCE) 2018 di Auditorium Prof. A. Amiruddin, Fakultas Kedokteran Unhas, Sabtu (25/8/2018).

Nantinya, sebanyak 6.624 mahasiswa baru Unhas akan mengikuti Balance sebanyak 5 kali pertemuan setiap hari Sabtu pada bulan September hingga awal Oktober 2018. Balance merupakan pengembangan dari Basic Character and Atudy Skill (BCSS). Pelaksanaan Balance 2018 merupakan penyempurnaan dari Balance 2017.

Balance 2018 ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes.

"Balance sebagai rangkaian proses penerimaan mahasiswa baru. Proses pembinaan karakter berbasis learning. Ini bisa menjadi role model, adanya transformasi dari dunia siswa ke mahasiswa. Balance akan menanamkan nilai-nilai ke-Unhas-an dan MARITIM. Unhas merupakan jangkar pembelajaran maritim. Unhas adalah rumah besar, rumah kita bersama" ujarnya.

Foto 2. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes membuka kegiatan Balance Unhas 2018.

Selaku penanggung jawab kegiatan, direktur Alumni dan penyiapan karir, Abdullah Sanusi, S.E., MBA., Ph.D menyampaikan apresiasi dan perkembangan Balance. "Balance ini untuk menjembatani mahasiswa baru masuk ke dunia akademik kampus dengan harapan bisa menjalankan aktifitas di kampus dengan lebih baik" ujarnya.

Menariknya, tahun 2018 ini akan menjadi sejarah tersendiri karena semua mahasiswa baru semua Fakultas di Universitas Hasanuddin akan berpartisipasi mengikuti Balance. Nantinya 6.624 mahasiswa ini akan dibagi dalam 140 kelas secara acak yang terdiri dari semua perwakilan program studi mengikuti Balance di Unhas kampus Tamalanrea dan Gowa.

Materi-materi Balance akan dibawakan oleh 168 instruktur yang berpengalaman dari kalangan dosen perwakilan setiap Fakultas dan didampingi oleh 483 tutor dari kalangan mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Sebelumnya, para instruktur dan tutor ini telah mengikuti pelatihan dan workshop sehingga nantinya mereka menyajikan materi lebih menarik.

Materi-materi Balance 2018 meliputi : saya dan unhas; karakter Unhas; Tata Tertib dan Etika Mahasiswa; Keterampilan Belajar; Berpikir Spiritual; Kesadaran dan Kepercayaan Diri; Self Motivation and Adaptability; Berpikir Reflektif; Kepemimpinan Diri; Berpikir Kreatif; Pemahaman Antar Pribadi dan Komunikasi; Membangun Relasi dan Berjejaring; Kolaborasi dan Kerja Tim; Cerdas Menemukan Informasi dan Menjadi Mahasiswa Kritis; dan Penyelesaian Masalah dan Pembuatan Keputusan.

Acara pembukaan Balance ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes; direktur alumni dan penyiapan karir Unhas; Abdullah Sanusi, SE., MBA., Ph.D; para wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni semua fakultas serta instruktur dan tutor dari semua Fakultas di Universitas Hasanuddin.

Senada dengan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni dari Fakultas Kedokteran Unhas, dr. Firdaus Hamid, Ph.D turut mengapresiasi pelaksanaan Balance 2018. "Balance penting bagi mahasiswa baru. Mereka kan awalnya sudah punya karakter. Nah, kami berharap Balance ini akan mengembangkan dan mengarahkan karakter mahasiswa sehingga mereka bisa lebih baik dalam hal akademik dan nonakademik" ujarnya.

Selanjutnya, setelah pembukaan dilanjutkan dengan materi pengembangan karakter dan design pembinaan mahasiswa baru oleh Muh. Ashri Sallatu, S.IP., M.Si. dan Elvita Bellani, S.Psi., M.Sc.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help