Hindari Penyimpangan Dana Desa, TP4D Kejari Gelar Sosialisasi Jaga Desa di Tondon Toraja Utara

program tersebut akan diperiksa langsung oleh pihak Kejari di lapangan, maka diminta untuk bersama-sama mengawasi jangan sampai disalahgunakan.

Hindari Penyimpangan Dana Desa, TP4D Kejari Gelar Sosialisasi Jaga Desa di Tondon Toraja Utara
Risnawati/Tribuntoraja.com
Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Kejari Tana Toraja dari Bupati Toraja Utara pada saat sosialisasi program jaga desa di Kantor Kecamatan Tondon, Toraja Utara, Kamis (23/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tana Toraja mengelar sosialisasi program jaga desa di Kantor Kecamatan Tondon, Toraja Utara, Kamis (23/8/2018).

Dihadiri oleh Bupati Kalatiku Paembonan beserta Wabup Yosia Rinto Kadang dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tana Toraja Jefri Penanging Makapedua.

Jefri mengatakan, program jaga desa adalah pengawalan atas pengelolaan dan penggunaan dana desa, sehingga bisa memperdayakan unsur masyarakat miskin dan mengoptimalkan material lokal agar perekonomian di desa meningkat.

"Program ini diterapakan seluruh Kejaksaan Negeri, dimana fungsi kejaksaan untuk bisa membantu para Kepala Lembang (Desa) dalam mengelola dana desa, sehingga tidak ada ketakutan serta keraguan dan bisa dinikmati masyarakat, sehingga dana desa tersalurkan dengan baik," tutur Jefri dalam rilisnya kepada TribunToraja.com, Jumat (24/8/2018).

Lanjut Jefri, program tersebut akan diperiksa langsung oleh pihak Kejari di lapangan, maka diminta untuk bersama-sama mengawasi jangan sampai disalahgunakan.

Sementara itu, Bupati Kalatiku Paembonan akan turut membantu dan mendorong Kepala Lembang dalam mengelola dan menggunakan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat dan menghindarkan pemerintah desa dari penyimpangan yang berdampak pada konsekuensi hukum.

"Program ini sangat baik, memiliki prinsip mengarahkan pengelolaan dana desa, sehingga Kepala Lembang menggunakannya bisa lebih hati-hati, tepat sasaran dan hasilnya memberi manfaat bagi masyarakat," tutur Kalatiku.

"Program ini akan mengawal kita semua, supaya para Kepala Lembang terhindar dari masalah tentang administrasi maupun fisik yang akibat penggunaan dana desa tidak tepat sasaran," jelasnya.

Ketua TP4D Kejari Tana Toraja yang juga Kepala Seksi Intelejen (Kasi Intel), Andi Ardiaman menyampaikan materi pengelolaan dana desa.

Andi sekaligus meminta kepada seluruh kepala Lembang di Kecamatan Tondon, agar tenaga kerja diambil dari masyarakat miskin dan dilaksanakan secara transparansi serta memprioritaskan warga miskin agar perekonomian di desa meningkat.

Sosialisasi tersebut juga turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Lembang (PMDL) Ritha Rasinan, perwakilan Polsek Tondon dan para Kepala Lembang di wilayah Kecamatan Tondon.

Pada acara sosialisasi, juga berlangsung penyerahaan piagam penghargaan Bupati Toraja Utara kepada Kejaksaan Negeri Tana Toraja atas dukungan dan pendampingan program pemerintahan dan pembangunan melalui Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) serta program jaga Lembang di Kabupaten Toraja Utara tahun 2018. (*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help