Miliki Pusat Finansial Mikro, Unhas Siapkan Solusi Pembiayaan UMKM

Unhas secara resmi menjadi Center Microfinance atau pusat finansial mikro untuk wilayah timur Indonesia.

Miliki Pusat Finansial Mikro, Unhas Siapkan Solusi Pembiayaan UMKM
RARA
Direktur Pusat Finansial Mikto BRI Unhas Prof Gagaring Pagalung (tengah) didampingi Dr Sanusi Fatta Kepala Divisi Aademik (kanan) dan Dr A Nur Bau Massepe Kepala divisi Pelatihan Pusat Finansial Mikro BRI Unhas, saat melakukan audiensi di Tribun Timur. 

Laporan Wartawan Tribun Timur Munawwarah Ahmad

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar secara resmi menjadi Center Microfinance atau pusat finansial mikro untuk wilayah timur Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pusat Finansial Mikro Unhas Prof Gagaring Pagalung saat melakukan audiensi di redaksi Tribun Timur Jl Cendrawasih No.430, Selasa (21/8/2018).

Dihadapan Wakil Pemimpin Redaksi Ronald Ngantung, Prof Gagaring yang didampingi Dr Sanusi Fatta (kepala divisi akademik) dan Dr A Nur Bau Massepe (kepala divisi pelatihan), mengenalkan pusat finansial mikro yang dibangun atas kerjasama dengan Bank BRI tersebut.

"Kita sudah resmi berkantor. Dan ini atas kerjasama bank BRI sehingga namanya Center of Microfinance BRI Unhas,"kata Prof Gagaring.

Lebih lanjut kata mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) tersebut, pusat finansial mikro Unhas akan dijadikan sebagai wadah pendidikan dan sertifikasi, riset dan publikasi serta menjadi media pelatihan dan advokasi untuk usaha mikro baik itu individu maupun kelompok.

"Pak JK minta BRI sponsor program pemerintah ini untuk mengangkat derajat mereka baik individu maupun kelompok yang berpenghasilan rendah,"tambah Prof Gagaring.

Namun sebelum manfaat itu dirasakan oleh masyarakat secara luas kata Prof Gagaring, pusat finansial mikro akan mulai menyentuh dalam kampus merah Unhas. Yaitu dimulai dari mahasiswa Unhas yang juga banyak ditemukan sebagai pelaku usaha termasuk tempat tumbuhnya berbagai macam start-up.

"Jadi kita mulai dari mahasiswa kita dululah. Apalagi banyak mahasiswa kita yang memiliki usaha dan punya start up. Dimulai dari mereka dululah baru kita keluar,"tambah Prof Gagaring.

Pusat Finansial Mikro BRI Unhas akan menjadi lembaga yang berkontribusi dalam pengembangan Iptek dan pemecahan masalah pembiayaan usaha pada masyarakat berpenghasilan rendah, khususnya bagi kalangan usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia Timur khususnya.

Penulis: Munawwarah Ahmad
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved