OJK Rilis Aturan Digital Banking-Kredit Rumah, Buka Rekening Pakai Smartphone

bank juga bisa membuka layanan pengajuan kredit perumahan ke nasabah. Layanan ini bisa melalui aplikasi dengan otorisasi transaksi dengan siddik jari.

OJK Rilis Aturan Digital Banking-Kredit Rumah, Buka Rekening Pakai Smartphone
muh abdiwan/tribun-timur.com
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua), gelar Journalist Update OJK Kantor Regional 7 Sulampapua di Cafe The Boss, Jalan Bontolempangan, Makassar, Jumat (3/8/2018). OJK menyebut perkembangan industri jasa keuangan di Sulawesi Selatan posisi Juni 2018 masih tumbuh positif, ditopang fungsi intermediasi yang tinggi dan disertai tingkat resiko yang tetap aman. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Peraturan Otoritas Jasa Kuangan (POJK) mengenai penyelenggaraan layanan perbankan digital oleh bank umum resmi dikeluarkan pada Senin (6/8/2018).

Aturan ini tertuang dalam POJK No 12/POJK.03/2018 mengenai beberapa layanan digital banking, seperti video banking dan layanan pengajuan kredit rumah kepada nasabah.

Dalam pasal 7 POJK ini, dijelaskan bank bisa membuka layanan pembukaan rekening secara mandiri melalui ATM atau aplikasi dalam smarthone.

Dalam layanan ini bank bisa menambahkan fitur pemindai sidik jari, pemindai kartu identitas, dan video banking.

Selain itu bank juga bisa membuka layanan pengajuan kredit perumahan ke nasabah. Layanan ini bisa melalui aplikasi dengan otorisasi transaksi dengan siddik jari.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi yang dihubungi Senin (20/8/2018) menuturkan, ini bentuk layanan bank untuk memudahkan calon nasabah baik dalam mengetahui fitur maupun kemudahan pengajuan kredit.

"Perbankan bisa mengeluarkan produk yang memudahkan nasabah dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian," ujar Zulmi.

Namun POJK tersebut baru rilis. OJK masih menunggu respon perbankan seperti apa. "Peraturan baru dirilis, kita tunggu kesiapan bank," ujarnya. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Nurul Adha Islamiah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved