Home »

Maros

Walhi Sulsel Desak Polres Maros Usut Tambang Liar di Moncongloe

Menurutnya, sikap Hafid Pasha yang marah karena hasil investigasi Walhi Sulsel, telah mempermalukan dirinya sendiri.

Walhi Sulsel Desak Polres Maros Usut Tambang Liar di Moncongloe
ansar/tribun-timur.com
Tambang yang diduga ilegal beroperasi di Moncongloe Bulu Maros. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Walhi Sulsel mendesak Polres atau Kejaksaan Negeri (Kejari) Maros untuk mengusut kasus penambangan ilegal di Desa Moncongloe Bulu, Moncongloe, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Direktur Eksekutif Walhi, Muh Al Amin, Minggu (19/8/2018), mengatakan pihak Polres harus segera turun tangan mengusut tambang ilegal tersebut, sebelum memperparah kerusakan dan terus dikeluhkan warga.

Dikatakan, ketersinggungan legislator DPRD Maros, Hafid Pasha setelah Walhi menyoroti tambang ilegal tersebut bisa menjadi petunjuk untuk penegak hukum.

"Hasil investigasi kami, ada 11 tambang yang beroperasi di Moncongloe Bulu. Tapi hanya dua yang legal. Makanya kami minta pihak berwajib untuk segera menindaklanjuti tambang liar tersebut," ungkapnya.

Menurutnya, para penegak hukum tidak boleh diam melihat tambang liar yang diduga dibekingi oleh oknum DPRD, Polda dan Polres Maros. Apalagi, hal tersebut sangat merugikan warga.

Polres diminta untuk menyeret tersangka dalam kasus tersebut, meski yang terlibat merupakan oknum dewan dan polisi. Jika Polres tidak mengusut, warga bisa saja curiga bahwa keterlibatan oknum polisi sangat kuat.

"Kami yakin, polisi akan mudah mengusut, setelah adanya pernyataan Hafid Pasha. Kenapa dia yang marah-marah. Padahal kami tidak pernah sebut namanya. Yang kami sebut, hanya oknum," katanya.

Baca: Hafid Pasha Keberatan Soal Tambang, Walhi Sulsel: Silakan Lapor

Baca: Legislator PKB Maros Tak Terima Tudingan Walhi soal Tambang di Moncongloe

Menurutnya, sikap Hafid Pasha yang marah karena hasil investigasi Walhi Sulsel, telah mempermalukan dirinya sendiri.

"Selain itu, Walhi Sulsel juga mempersilakan kepada anggota DPRD Maros tersebut untuk melapor ke Polres Maros. Karena dengan demikian kepolisian semakin mengerti siapa yang telah melakukan kejahatan," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Ansar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help