VIDEO: Penjelasan Prof Nusratuddin Tentang Infertilitas dan Kemandulan

Infertilitas adalah ketidak mampuan pasangan suami istri mendapatkan keturunan setelah melakukan hubungan secara teratur

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR -Infertilitas adalah ketidak mampuan pasangan suami istri mendapatkan keturunan setelah melakukan hubungan secara teratur satu atau dua tahun tanpa alat kontrasepsi.

Dokter Spesialis Kandungan Morula IVF Makassar, Prof Dr drg Nusratuddin Abdullah SpOG (K) MARS mengatakan, menurut WHO disebut infertilitas apabila sudah dua tahu namun ada juga yang menyebut satu tahun.

"WHO menyebut dua tahun, American Fertility Society menyebutkan satu tahun, paling banyak dipakai satu karena hubungan suami istri teratur mestinya sudah terjadi kehamilan," kata Prof Nusratuddin di MaxOne Hotel, Sabtu (18/8/2018).

Prof Nusratuddin menambahkan saat lima bulan perkawinan 50 persen pasangan itu sudah hamil dan setelah 10 bulan perkawinan mestinya 78 persen, setelah 12 bulan mestinya 85 hingga 90 persen hamil.

Menurut penelitian, sekitar 40 hingga 50 persen infertilitas disebabkan oleh faktor istri, 25 hingga 40 persen dari faktor suami, 10 persen keduanya dan 10 persen tidak diketahui sebabnya.

Berikut video penjelasan Prof Nusratuddin yang menyatakan infertilitas bukanlah kemandulan.

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved