HUT ke 73 RI

Tak Satupun Warga Binaan Rutan Bantaeng Dapat Remisi Bebas

Tidak satupun dari mereka yang namanya diajukan untuk mendapat remisi menerima Remisi Umum II atau bebas langsung.

Tak Satupun Warga Binaan Rutan Bantaeng Dapat Remisi Bebas
edi hermawan/tribunbantaeng.com
Suasana pemberian remisi kepada warga binaan Rutan Kelas IIB Bantaeng, Jumat (17/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Edi Hermawan

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - 56 orang warga binaan Rutan Kelas IIB Bantaeng mendapatkan Remisi Umum I untuk momen HUT ke-73 Republik Indonesia.

Remisi untuk mereka terdiri dari 1 bulan untuk 25 orang, 2 bulan untuk 14 orang, 3 bulan untuk 16 orang, dan satu lainnya.

Namun demikian, tidak satupun dari mereka yang namanya diajukan untuk mendapat remisi menerima Remisi Umum II atau bebas langsung.

Kepala Rutan Kelas IIB Bantaeng, Muhammad Ishak mengatakan remisi dalam sistem pemasyarakatan merupakan salah satu unsur penting terhadap suksesnya sistem pemasyarakatan.

Baca: 231 Warga Binaan Lapas Watampone Terima Remisi di Bone

Baca: Sebanyak Ini Napi di Bulukumba Dapat Remisi

Hal itu sebagai katalisator agar narapidana bisa berubah menjadi baik. Bisa kembali dan diterima masyarakat dengan tidak mengulangi kembali pidananya.

"Kami juga berharap agar Pemkab Bantaeng lebih memperhatikan warga binaan pada rutan ini yang penghuninya didominasi oleh warga Bantaeng," tuturnya, Minggu (19/8/2018).

Dia juga meminta agar ada kemitraan lebih lanjut untuk mendidik warga binaan dengan pelatihan-pelatihan.

"Dari 154 warga binaan disini, sebagian besar dari Rutan Bantaeng, meskipun ada juga pindahan 30 orang dari Makassar," tambahnya.

Apa yang berlangsung didalam Rutan dianggap sebagai miniatur masyarakat secara umum, sehingga pihaknya fokus pada pembinaan rohani. Sebab untuk aktivitas fisik terhambat sempitnya lokasi rutan.

Saat ini Rutan Bantaeng dihuni 154 warga binaan terdiri dari 121 orang narapidana dan tahanan 33 orang, termasuk empat orang anak dan 10 orang perempuan.(*)

Penulis: Edi Hermawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved