Tim PKM Unismuh Ajari Petani Wiringtasi Pinrang Olah Kelapa Jadi Produk Ekonomi

Kegiatan ini dilakukan selama enam bulan kepada Kelompok Tani Pasir Putih dan Pantai Timur.

Tim PKM Unismuh Ajari Petani Wiringtasi Pinrang Olah Kelapa Jadi Produk Ekonomi
Shutterstock
Ilustrasi minyak kelapa 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Makassar mengelar program pelatihan dan pendampingan kelompok tani dalam pengolahan kelapa menjadi produk bernilai ekonomi. 

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut sosialisasi di Desa Wiringtasi, Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Wiringtasi dilakukan untuk membuka wawasan dan memberikan motivasi pada mitra dalam mengolah kelapa dengan memperkenalkan dan menerapkan inovasi baru dalam meningkatkan pendapatan mitra melalui teknologi pengolahan produk kelapa.  

Kegiatan ini dilakukan selama enam bulan kepada Kelompok Tani Pasir Putih dan Pantai Timur. 

Pemilihan kelompok tani kelapa ini merupakan kerja sama Kementerian Ristekdikti (Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) dan Unismuh Makassar dalam rangka kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Adanya pelatihan dan pendampingan ini sangat penting karena meski tampaknya mudah dan biasa dilakukan masyarakat secara tradisional, kegiatan pembuatan minyak kelapa dan tai minyak (blondo) ternyata memerlukan IPTEK dalam melakukan pengolahan buah kelapa menjadi produk,” kata anggota kelompok tani, Hanadia dan Hartati.

Ketua Tim PKM, Irma Hakim menyebutkan, pelatihan dan pendampingan ini sangat penting karena merupakan tahap awal yang menjadi kunci keberhasilan.

"Tim PKM bermaksud untuk menyebarkan pengetahuan cara membuat minyak goreng kelapa yang berkualitas kepada mitra kelompok tani kelapa, dan berharap mitra membangun industri minyak goreng kelapa di Desa Wiringtasi," tuturnya.(*)

Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved