HUT ke 73 RI

162 Warga Binaan Rutan Klas IIB Enrekang Dapat Remisi, 2 Langsung Bebas

Dari hasil remisi itu, dua orang dinyatakan bebas setelah mendapatkan pengurangan masa tahanannya tersebut.

162 Warga Binaan Rutan Klas IIB Enrekang Dapat Remisi, 2 Langsung Bebas
m azis albar/tribunenrekang.com
Acara penyerahan remisi digelar secara resmi di Lapangan Rutan Kelas IIB Enrekang, Kelurahan Leoran, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Jumat (17/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) merupakan moment bahagia bagi sejumlah warga binaan Rutan Klas IIB Enrekang.

Pasalnya, dari 200 warga binaan Rutan Klas IIB Enrekang, ada 162 Narapidana yang mendapatkan pengurangan masa tahanan atau remisi.

Acara penyerahan remisi digelar secara resmi di Lapangan Rutan Kelas IIB Enrekang, Kelurahan Leoran, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Jumat (17/8/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Enrekang Muslimin Bando, Wakil Bupati HM Amiruddin, Sekda Enrekang Chaerul Latanro, dan jajaran Forkopimda serta Pimpinan OPD Pemkab Enrekang.

Baca: 237 Warga Binaan Rutan Klas IIB Sidrap Dapat Remisi Kemerdekaan

Baca: 169 Warga Binaan Lapas Maros Dapat Remisi, Tiga Orang Langsung Bebas

Menurut Kepala Rutan Kelas IIB Enrekang, Tubagus M Chaedir, jumlah remisi yang diberikan kepada 162 Narapidana tersebut berbeda-beda.

Terdapat 56 orang dapat remisi satu bulan, 63 orang remisi dua bulan, 26 orang remisi tiga bulan, 16 orang remisi empat bulan, dan satu orang dapat remisi 5 bulan.

Dari hasil remisi itu, dua orang dinyatakan bebas setelah mendapatkan pengurangan masa tahanannya tersebut.

"Jadi dari 162 Napi kita yang dapat remisi ini, ada dua orang yang dinyatakan bebas setelah masa tahanannya dikurangi," kata Tubagus M Chaedir.

Ia menjelaskan, para Narapidana yang mendapatkan remisi tersebut adalah yang memenuhi syarat dan aturan yang telah ditetapkan oleh Undang-undang.

Beberapa hal yang menjadi faktor penentuan pemberian remisi adalah berkelakukan baik selama menjalani pidana, dan disiplin sehingga dapat berperan aktif serta dapat diterima di masyarkaat.

"Ini adalah pemberian remisi terbanyak yang pernah dilakukan di Rutan Enrekang, karena memang jumlah Napi kita tadinya hanya 80 sekarang jumlahnya sudah 200 warga binaan, tahun lalu kita hanya berikan remisi sekitar 60 orang saja," tuturnya.

Ia pun berterima kasih kepada pemerintah daerah dan jajaran Polres serta Kodim Enrekang yang telah berperan dalam memberikan bantuan dan pembinaan serta keamanan di Rutan Klas IIB Enrekang.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved