VIDEO ON DEMAND

VIDEO: Begini Nih Proses Pembuatan Camilan Teri Gurih Khas Kota Palopo

Ikan teri dibuat dengan campuran tepung beras, merica, bawang merah, garam, lalu digoreng sehingga menjadi camilan teri gurih.

Laporan Wartawan TribunPalopo.com, Hamdan Soeharto

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Kelompok Usaha Bersama (Kube) Kota Palopo membuat camilan khas, cocok untuk oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Palopo.

Camilan itu dibuat dari bahan baku ikan. Ada ikan teri, ikan tuna. Bahan lain ada rumput laut dan udang.

Ikan teri dibuat dengan campuran tepung beras, merica, bawang merah, garam, lalu digoreng sehingga menjadi camilan teri gurih. Lain halnya dengan bahan baku ikan tuna. Ikan diolah menjadi abon yang gurih.

Begitu pun dengan udang dan rumput laut. Dengan campuran tepung ketan, telur, gula diolah menjadi keripik yang gurih.

Ketua Kube Palopo, Masniati mengatakan cemilan tersebut sudah dipasarkan di Morowali, Kalimantan, Masamba dan Makassar.

Jika usaha tersebut terus dikembangkan, maka dapat meraup omset hingga puluhan juta rupiah perbulannya. "Sehingga ada ciri khas Kota Palopo dengan camilan ikanya. Kita bisa dikenal dengan daerah lain," katanya.

Untuk mengembangkan usaha tersebut, Masniati mengatakan butuh bantuan dari pemerintah. Saat ini usahanya terkenda peralatan SNI dan pemodalan.

"Saat ini kita gali lubang tutup lubang. Tapi lumayan kita bisa pekerjaan 10 karyawan. Ini juga membantu program pemerintah," tuturnya.

Masniati bersama suaminya sudah memikirkan sejak tahun 2009. Beberapa kali melakukan percobaan untuk membuat, baru sekitar tahun 2016 dipasarkan sedikit demi sedikit.

Ide membuat camilan awalnya semata-mata hanya ingin mengajak masyarakat Palopo suka memakan ikan.

Untuk teri gurih dijual Rp 20 ribu per bungkus, abong Rp 2 ribu, dan krispi udang teri Rp 10 ribu. Dalam sehari produksi dapat membuat sebanyak 250 bungkus cemilan.

Simak videonya:(*)

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help