Warga Tondok Lemo Tana Toraja Kembangkan Ekonomi Kreatif Olahan Kopi

Alat mesin kopi di rumah produksi olahan kopi Program Ekonomi Produktif Zakat Community Deplopment (ZCD) sudah diresmikan.

Warga Tondok Lemo Tana Toraja Kembangkan Ekonomi Kreatif Olahan Kopi
handover
Warga Tondok Lemo melakukan pengajian sebelum peresmian penggunaan mesin kopi di rumah produksi olahan kopi berada di Dusun Tondok Lemo, Lembang (Desa) Bone Buntu Sisong, Makale Selatan, Tana Toraja, Sulsel. 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, MAKALE - Alat mesin kopi di rumah produksi olahan kopi Program Ekonomi Produktif Zakat Community Deplopment (ZCD) sudah diresmikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tana Toraja.

Lokasi rumah produksi olahan kopi berada di Dusun Tondok Lemo, Lembang (Desa) Bone Buntu Sisong, Kecamatan Makale Selatan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Ketua Baznas Tana Toraja, Teguh Catur Prianto didampingi Wakil Ketua IV Wahyudin dan Bidang SDM Muslimin, meresmikan penggunaan mesin kopi tondok Lemo untuk pertama kalinya pada Program Ekonomi Produktif ZCD Baznas.

"Kita berharap program ini dimanfaatkan betul oleh masyarakat Tondok Lemo dan sekitarnya, sehingga dengan adanya program ini masyarakat bisa keluar dari masalah dan kendala ekonomi," tutur Teguh dalam rilisnya kepada TribunToraja.com, Selasa (14/8/2018).

Baca: Kontribusi Sektor Ekonomi Kreatif Digital di Makassar Masih Minim

Baca: 100 Hari Kerja Hipmi Makassar Fokus Penguatan Ekonomi Kreatif

Harapannya, ke depan Program Ekonomi Produktif ZCD Baznas dapat di dukung penuh oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja.

Sebelum peresmian, warga juga mengelar pengajian dan syukuran di Masjid Nurul Iman Tondok Lemo, yang ditutup dengan ceramah oleh Ustadz Ahmad Bartanamal.

Sebagai unsur pemerintahan, Kepala Desa Tato Kalupang turut mendukung dan berbangga dengan program dari Baznas yang melibatkan warga khususnya Lembang Bone Buntu Sisong.

"Program ini belum berjalan sebagimana mestinya, namun sudah terbayang kesuksesannya, semoga membawa perubahan positif untuk kita," ujarnya.

Terdapat lima mesin yang di uji coba di rumah produksi Program Ekonomi Produktif ZCD yakni, mesin pengupas kulit basah, mesin pengering, mesin pengupas kulit kering, mesin sangrai dan mesin bubuk.(*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help