Dalang Pembakaran Rumah di Tinumbu Dikenal 'Anak Nakal' di Lapas Makassar

Dalang pembakaran rumah di Jl Tinumbu Tallo, Akbar daeng Ampuh alias Rangga (32) dikenal sebagai anak nakal.

Dalang Pembakaran Rumah di Tinumbu Dikenal 'Anak Nakal' di Lapas Makassar
darul/tribuntimur.com
Kepala Lapas Makassar, Budi Sarwono 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul Amri Lobubun

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dalang pembakaran rumah di Jl Tinumbu Tallo, Akbar daeng Ampuh alias Rangga (32) dikenal sebagai anak nakal.

Catatan Rangga sebagai anak nakal itu disebutkan Kepala Lapas Makassar, Budi Sarwono di Lapas Makassar, di Jl Sultan Alauddin, Selasa (14/8/2018) petang.

Rangga sering dipindahkan karena sering mobilisasi massa Lapas.

Dari Lapas Maros, Lapas Bulukumba, dan kembali lagi ke Lapas Makassar

"Dia seperti anak nakal, karena selalu saja dipindahkan ke Lapas dia selalu mobilisasi massa dan mempengaruhi, disini juga dia pemgaruhi," kata Budi.

Baca: Pembakaran di Tinumbu Dikontrol dari Lapas Makassar

Ampuh alias Rangga adalah dalang pelaku pembakaran rumah di Jl Tinumbu, pada 6 Agustus lalu yang menewaslan enam korban meninggal.

Lanjut Budi, kenakalan Rangga seperti melanggar aturan di Lapas. Mulai dari penyelundupan alat komunikasi berupa handphone hingga narkoba jenis sabu.

"Pada januari 2018 yang bersangkutan menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu, saat menggelad dia pakai senjata tajam ancam petugas," ungkap Budi.

Kini, Polrestabes telah meringkus lima orang yang diduga terlibat dalam kasus penganiayan dan juga pembakaran. Lima diantaranya sudah berstatus tersangka.

Baca: Pengakuan Akbar Cs, Karena Utang Narkoba Tega Bakar Rumah Hingga Fahri Sekeluarga Tewas

Kelompok pertama libatkan tiga pelaku, terkait penganiayaan korban Fahri. Para pelaki, Riswan Idris alias Ako (23), Haidir Mutalib alias Aco (25) dan Wandi (23).

Mereka adalah utusan warga binaan di Lapas Makassar, bernama Iwan Lili yang juga adalah kakak kandung Ako. Iwan diinstruksikan langsung oleh Rangga. (*)

Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved