KPU Enrekang Coret Semua Bacaleg PAN Dapil 1, Ini Masalahnya

Menurutnya dicoretnya seluruh Bacaleg PAN di Dapil Enrekang 1, lantaran tidak memenuhi syarat kuota 30 persen perempuan.

KPU Enrekang Coret Semua Bacaleg PAN Dapil 1, Ini Masalahnya
m azis albar/tribunenrekang.com
Komisioner KPU Enrekang, Rahmawati Karim 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Enrekang mengumumkan 330 Daftar Caleg Sementara (DCS) untuk Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Dari pengumuman tersebut ada hal yang mengejutkan. Pasalnya, KPU Enrekang mencoret atau tidak meloloskan seluruh Bacaleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) di daerah pemilihan (Dapil) Enrekang satu yang meliputi, Kecamatan Enrekang, Maiwa dan Cendana.

Padahal, dari 10 Bacaleg yang didaftarkan PAN di Dapil Enrekang satu tersebut, terdapat dua Caleg petahana yakni, Ismail Hamid dan M Saiful Wattang.

Komisioner KPU Enrekang divisi teknis, Rahmawati Karim, membenarkan hal tersebut.

Menurutnya dicoretnya seluruh Bacaleg PAN di Dapil Enrekang 1, lantaran tidak memenuhi syarat kuota 30 persen perempuan.

"Iya memang seluruh Bacaleg dari PAN di Dapil Enrekang 1, dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tidak penuhi kuota 30 persen perempuan," kata Rahmawati Karim kepada TribunEnrekang.com, Senin (13/8/2018).

Ia menjelaskan, sebenarnya PAN telah mendaftarkan 10 Bacalegnya ke KPU Enrekang dengan mendaftarkan tiga nama Bacaleg perempuan untuk penuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

Namun, saat dilakukan verifikasi berkas dua dari tiga Bacaleg perempuan yang didaftarkan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Itu lantaran, kedua Bacaleg tersebut terlambat memasukkan kekurangan berkas yag dipersyaratkan.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved