Penggerak 212, Ini Profil Lengkap Prof KH Maruf Amin dan Awal Kedekatannya dengan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan bahwa cawapres pendampingnya dalam Pilpres 2019 adalah Ma'ruf Amin.

Penggerak 212, Ini Profil Lengkap Prof KH Maruf Amin dan Awal Kedekatannya dengan Jokowi
HANDOVER
KH Maruf Amin 

TRIBUN-TIMUR.COM-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan bahwa cawapres pendampingnya dalam Pilpres 2019 adalah Ma'ruf Amin.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam jumpa pers bersama para ketua umum dan sekretaris jenderal parpol pendukung di Restoran Plataran, Jalan HOS Tjokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) petang.

"Saya memutuskan dan telah mendapat persetujuan dari partai-partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi sebagai calon wakil presiden adalah Profesor Kiai Haji Ma'ruf Amin," ujar Jokowi.

Ma'ruf sendiri memiliki pengalaman yang panjang di jabatan publik. Dia memiliki pengalaman 7 tahun sebagai Anggota Dewan Presiden (2007-2014).

Dia juga memiliki pengalaman legislatif dari tahun 1971 hingga 1999. Dia juga aktif di organisasi kemasyarakatan sejak tahun 1964.

Terakhir, dia merupakan anggota Badan Pertimbangan Ideologi Pancasila bersama Try Sutrisno, Ahmad Syafii Maarif, Said Aqil Siradj, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Wisnu Bawa Tenaya. BPIP sendiri diketuai Megawati Soekarnoputri.

Prof MAruf Amin juga salah satu penggerak aksi 212. 

Demonstrasi 212, digelar pada 2 Desember 2016, merupakan lanjutan beberapa aksi sebelumnya, yang menuntut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dihukum karena kasus penistaan agama.

Lantas kapan Jokowi dan Ma'ruf Amin Intens Komunikasi?

Komunikasi Presiden Jokowi dan Maruf Amin sudah lama terjalin. Makin intes setelah aksi unjuk rasa 212.

Halaman
1234
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help