Pemateri RLA di LAN Makassar, Wabup Bulukumba Bahas Ini

Pelatihan tersebut berlangsung di kantor LAN, di Jl Baruga, Antang, Makassar, Jumat (10/8/2018).

Pemateri RLA di LAN Makassar, Wabup Bulukumba Bahas Ini
ist
Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, menjadi pemateri pada peserta Pelatihan Reform Leader Academy (RLA) yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, menjadi pemateri pada peserta  Pelatihan Reform Leader Academy (RLA) yang diselenggarakan oleh Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar.

Pelatihan tersebut berlangsung di kantor LAN, di Jl Baruga, Antang, Makassar, Jumat (10/8/2018).

Tomy didaulat membahas materi kemaritiman dan potensi pariwisata di hadapan peserta yang berasal dari instansi kementerian, pemerintah daerah dan Polri yang berjumlah 25 orang.

Dalam rilisnya, Tomy mengatakan bahwa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Bulukumba masih didominasi oleh sektor pertanian sebesar 41 persen.

Di masa mendatang, sektor tersebut akan sulit berkembang karena adanya keterbatasan lahan akibat pertambahan penduduk dan pemukiman.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah daerah harus melirik sektor lain yang lebih potensial, seperti sektor jasa dan pariwisata.

Beberapa tahun terakhir ini, secara perlahan sektor pariwisata ini semakin menggeliat, sehingga pihaknya, kata Tomy, memberikan perhatian besar untuk menggenjot pariwisata Bulukumba.

"Bulukumba memiliki landskap dari pesisir sampai pegunungan. Potensi alam ini harus dioptimalkan dalam menumbuhkan sektor pariwisata," ujarnya.

Dikatakan, investasi di sektor wisata lebih menjanjikan dibanding membangun industri manufaktur. Pasalnya, butuh puluhan tahun bagi industri manufaktur untuk kembali modal atau break even point.

Halaman
12
Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help