Harga Ikan Layang di PPI Sumpang Binangae Barru Turun Drastis

Harga sejumlah jenis ikan tersebut akan kembali normal atau naik jika nelayan sudah kurang yang melaut.

Harga Ikan Layang di PPI Sumpang Binangae Barru Turun Drastis
akbar hs/tribunbarru.com
Suasana di Pangkalan Pendataran Ikan (PPI) Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Jumat (10/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Sejumlah jenis ikan di Pangkalan Pendataran Ikan (PPI) Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, mengalami penurunan harga.

Menurut pedagang ikan di PPI Sumpang Binangae, Marwan (40), harga ikan tersebut mengalami penurunan sejak beberapa hari terakhir.

"Turun sekali harga ikan sekarang pak, sejak tiga hari terakhir turunnya," kata Marwan kepada TribunBarru.com, Jumat (10/8/2018).

Ia menyebutkan dari beberapa jenis ikan yang di jual di PPI, harga ikan layang yang turun drastis.

"Ada beberapa jenis ikan di sini (dijual) pak selain layang, juga ada ikan katombo, tembang dan lure tapi ikan layang yang turun sekali harganya," katanya. Harga ikan layang yang sebelumnya dijual Rp 1 Juta lebih per gabus kini turun menjadi Rp 500 ribu.

Baca: Harga Ayam Kampung Masih Mahal, Warga Parepare Beralih ke Ayam Potong

Baca: Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 di Makassar

"Sementara kalau ukuran basket, ikan layang yang dulu dijual Rp 300-400 ribu sekarang sisa seratus ribuan per basket," ujarnya.

Lebih lanjut Marwan mengungkapkan, harga jenis ikan lain seperti lure, katombo dan tembang juga turun namun tidak signifikan.

"Kalau ikan lure memang turun tapi tidak sebesarapaji. Kemarin-kemarin per gabus itu Rp 800-an ribu sekarang sisa Rp 600-700 ribu, untuk ikan katombo sama tembang juga sedikitji turunnya pak," tuturnya.

Harga ikan tersebut turun, lanjut Marwan, dikarenakan banyaknya jumlah stok yang tersedia. "Banjir ikan sekarang pak makanya murah lagi. Apalagi ikan layang, rata-rata nelayan dapat banyak ikan jenis itu jadi murah sekali," katanya.

Marwan menambahkan, harga sejumlah jenis ikan tersebut akan kembali normal atau naik jika nelayan sudah kurang yang melaut.

"Biasanya itu terang bulanpi lagi baru naik kembali harganya ikan, karena di waktu itu kurang ikan karena banyak nelayan yang istirahat (tidak melaut)," tuturnya.

Pantauan TribunBarru.com, stok ikan yang dijual para pedagang di PPI Sumpang Binangae Barru tampak membludak.

Selain itu, puluhan kapal nelayan yang mengantar ikan juga terlihat ramai terparkir di tanggul PPI Sumpang Binangae tersebut.

Tampak sejumlah warga pun memadati PPI Sumpang Binangae dan terlihat sibuk berburu ikan yang dijual para pedagang.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help