Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara Benahi Fasilitas Pasar Hewan

Kemudian dibawah ke lahan perkebunan masyarakat yang membutuhkan kotoran ternak untuk digunakan sebagai pupuk.

Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara Benahi Fasilitas Pasar Hewan
risnawati/tribuntoraja.com
Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara melakukan pembenahan dan pembersihan fasilitas di lokasi pasar hewan bolu, Kecamatan Tallunglipu, Jumat (10/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara melakukan pembenahan dan pembersihan fasilitas di lokasi pasar hewan bolu, Kecamatan Tallunglipu, Jumat (10/8/2018).

Pembenahan dimulai membersihkan kotoran ternak kerbau yang dihasilkan hingga empat ton setiap harinya dari ratusan kerbau.

Kemudian dibawah ke lahan perkebunan masyarakat yang membutuhkan kotoran ternak untuk digunakan sebagai pupuk.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Daud Pongsapan mengatakan, pihaknya melakukan pembenahan serta pembersihan fasilitas pasar hewan yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID)

"Kami menyiapkan armada mobil pengangkut kotoran ternak kerbau, dan dibawa kelahan kebun masyarakat yang mau menjadikan pupuk," tutur Daud.

Dikatakan, bagi masyarakat di wilayah terdekat yang mau mengambil kotoran hewan agar datang ke kantor Dinas Pertanian dan Peternakan secepatnya.

"Kami berharap, perlu ada kerjasama dengan pemilik kerbau di sekitar pasar untuk menjaga kebersihan, karena jika tidak ada perhatian sama sekali, pemerintah tidak akan membiarkan kerbau disimpan lagi di situ," jelas Daud.

"Kalau kerbau disimpan tapi tidak menjaga kebersihan, itu bukan pasar lagi tapi dijadikan kandang kerbau," tegasnya.

Penulis: Risnawati M
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help